Nadhom Maqsud – Ilmu sharaf adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan bentuk kata atau kalimat dalam bahasa Arab. Ilmu ini sangat penting untuk dipelajari oleh para pelajar bahasa Arab, karena dengan ilmu ini kita bisa mengetahui makna dan fungsi dari setiap kata atau kalimat yang kita temui. Ilmu sharaf juga sangat berkaitan dengan ilmu nahwu, yang mempelajari tentang perubahan harakat atau tanda baca dalam bahasa Arab.

Namun, banyak orang yang merasa kesulitan untuk mempelajari ilmu sharaf, karena dianggap terlalu rumit dan sulit. Padahal, belajar ilmu sharaf tidak harus selalu menyulitkan dan membosankan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mempelajari ilmu sharaf dengan mudah dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan kitab nadhom maqsud sebagai bahan belajar.

Kitab nadhom maqsud adalah buku yang berisi kaidah-kaidah ilmu sharaf dalam bentuk syair atau nadhom. Kitab ini dikarang oleh Syaikh Ahmad bin Abdurrahim al-Thahthawi (1132-1302 H), seorang ulama besar dari Mesir yang ahli dalam bidang bahasa Arab. Kitab ini merupakan salah satu kitab sharaf yang paling populer dan banyak dipelajari di Indonesia, terutama di kalangan para pesantren.

Kitab ini disusun dengan cara yang sangat praktis dan sistematis, sehingga memudahkan para pembaca untuk memahami materi-materi yang disajikan. Kitab ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh kalimat yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih hidup dan bermakna.

Kitab ini terdiri dari 113 bait syair, yang membahas berbagai topik penting dalam ilmu sharaf, seperti fi’il tsulatsi mujarrad, fi’il ruba’i mujarrad, fi’il tsulatsi mazid, fi’il ruba’i mazid, masdar, fi’il madhi, fi’il amar, hamzah wasal, fi’il mudhari’ mabni ma’lum dan majhul, fi’il amar hadir, isim fa’il, isim maf’ul tsulatsi, tashrif fi’il shahih, fa’idah fi’il lazhim dan muta’addi, huruf ilat, mad, ziyadah, fi’il mu’tal, mudhaf, dan mahmuz.

Kitab ini juga disertai dengan terjemahan bahasa Indonesia yang akurat dan mudah dipahami. Terjemahan ini sangat membantu para pembaca yang belum mahir dalam bahasa Arab untuk mengikuti materi-materi yang ada dalam kitab. Selain itu, kitab ini juga dilengkapi dengan syarah atau penjelasan yang lebih rinci dan mendalam tentang setiap bait syair. Syarah ini bisa digunakan sebagai sumber rujukan atau referensi bagi para pembaca yang ingin memperdalam ilmu sharaf.

Dengan menggunakan kitab nadhom maqsud sebagai bahan belajar ilmu sharaf, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan. Kita bisa belajar ilmu sharaf dengan cara yang mudah dan menyenangkan, tanpa harus merasa bosan atau frustasi.

Kita juga bisa meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Arab, baik secara lisan maupun tulisan. Kita juga bisa memperdalam pengetahuan kita tentang Islam, karena banyak materi-materi dalam kitab ini yang berkaitan dengan sumber-sumber Islam.

Kitab nadhom maqsud adalah buku belajar ilmu sharaf yang sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin mempelajari ilmu sharaf dengan praktis dan menyenangkan.

Buku ini bisa dibeli di toko-toko buku Islam atau online dengan harga yang terjangkau. Jika Anda tertarik untuk memiliki buku ini, Anda bisa mengunjungi situs web Fikar Store atau arabiyahlinnasyiin.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Rekomendasi Buku Pelajaran Bahasa Arab dengan harga grosir termurah dapat anda Lihat di alfikar.com: Toko Kitab Arab Online yang menyediakan buku pelajaran Bahasa arab, tafsir Al Quran, dan Kitab-Kitab Hadist.

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan