Umroh atau haji kecil merupakan praktik ibadah bagi umat Muslim yang dilakukan dengan melaksanakan serangkaian ritual di Mekkah, terutama di Masjidil Haram. Bagi Anda yang berkeinginan untuk menjalankan ibadah umroh, tersedia layanan dari travel Umroh Zahara Tour yang menawarkan pengalaman terbaik.

Bagi calon jemaah, terutama bagi mereka yang pertama kali berangkat ke Mekkah, terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum berangkat untuk umroh. Apa saja persiapannya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mengetahui Musim di Arab Saudi

Arab Saudi mengalami dua musim, yakni musim panas dan musim dingin. Meskipun memiliki persamaan dengan Indonesia, perbedaan penting terletak pada tingkat kelembapan, yang menyebabkan jarangnya hujan di wilayah Arab.

Para peziarah asal Indonesia umumnya mengunjungi dua destinasi utama, yaitu Mekkah dan Madinah. Kedua kota ini memiliki perbedaan suhu karena perbedaan letak geografisnya.

Mengetahui informasi mengenai suhu dan musim di kedua kota ini penting, agar Anda dapat mempersiapkan perlengkapan yang sesuai dan mengantisipasi kondisi yang mungkin tidak diinginkan demi kenyamanan selama pelaksanaan umroh.

Menjaga Kesehatan

Pelaksanaan tata cara umroh melibatkan banyak aktivitas fisik, seperti tawaf yang dilakukan sebanyak 7 kali dan sai sebanyak 7 kali.

Jarak tempuh saat melakukan tawaf sangat tergantung pada posisi jemaah terhadap Ka’bah, yang merupakan pusat dari prosesi tersebut. Semakin jauh jemaah dari Ka’bah, semakin panjang jarak yang harus ditempuh.

Selain beribadah di Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, jemaah juga berkesempatan untuk melakukan ziarah ke tempat-tempat lain seperti Masjid Al-Aqsa dan Gunung Jabal Nur di kota-kota yang berbeda.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan fisik menjadi aspek yang sangat penting selama berada di Tanah Suci.

Memahami Peraturan di Arab Saudi

Ada sejumlah aturan dan etika yang harus diikuti saat berada di negara Islam ini, sebagaimana dicantumkan dalam Piagam Kesopanan Umum. Secara umum, semua orang diharapkan berpakaian sopan, dan bagi wanita, bahu dan lutut harus selalu ditutup saat berada di tempat umum.

Selama berada di tempat publik, perilaku seperti bermesraan atau menggunakan bahasa kasar, serta memperlihatkan gaya tubuh yang tidak sopan, sangat tidak dianjurkan.

Selain itu, konsumsi minuman beralkohol dilarang di seluruh wilayah Arab, dan tindakan seperti kebencian, diskriminasi, dan perilaku tidak senonoh termasuk kekerasan seksual, diharamkan.

Memahami Kebiasaan di Tanah Arab

Terdapat berbagai kebiasaan dan norma yang umum diikuti oleh orang Arab. Salah satu contohnya adalah saat azan berkumandang, di mana semua aktivitas akan dihentikan, dan masyarakat akan menuju masjid untuk melaksanakan salat berjamaah.

Hal ini tercermin juga dalam aktivitas pasar, di mana para pedagang akan meninggalkan barang dagangan mereka ketika panggilan salat terdengar. Selain itu, dalam budaya Arab, suara keras digunakan untuk mengekspresikan kekuatan dan ketulusan.

Tidak seperti di beberapa budaya lainnya, senyuman dari seorang wanita tidak selalu dianggap sebagai tanda kesopanan, karena bisa diartikan sebagai tindakan yang kurang pantas dalam budaya Arab.

Itulah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum berangkat umroh. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan travel umroh terpercaya seperti Zahara Tour.

Banyak pilihan paket umroh yang bisa Anda sesuaikan dengan budget. Untuk informasi selengkapnya, bisa dilihat di zaharatour.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan