Selain ibadah haji, seorang muslim bisa melaksanakan ibadah umroh di tanah suci. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang mencari travel haji plus untuk membantu kelancaran ibadah yang akan mereka laksanakan.

Sebenarnya, ibadah haji dan umroh mempunyai perbedaan yang perlu kamu ketahui supaya tidak ada kesalahpahaman dalam mengartikan kedua ibadah ini. Lalu, apa perbedaan ibadah haji dan umroh? Mari, simak penjelasannya berikut ini!

Waktu Pelaksanaan Ibadah

Hal utama yang membedakan keduanya adalah waktu pelaksanaanya. Untuk ibadah haji, kamu hanya bisa  melakukannya pada syawal hingga Dzulhijjah saja. Tentunya, hal ini berbeda dengan ibadah umroh yang bisa kamu laksanakan kapan saja dan tak terbatas pada tanggal tersebut.

Ibadah umroh memang bisa kamu lakukukan kapan saja, namun ada hari yang terkecuali yakni 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan hari Arafah dan hari Tasyrik yakni 11-13 Dzulhijjah.

Hukum Ibadah

Perlu kamu ketahui bahwa ibadah haji dengan umroh berbeda. Haji merupakan rukun Islam yang kelima dan hukumnya wajib terlaksana oleh umat Islam yang memenuhi syarat wajib Haji dan mampu.

Sedangkan, ibadah umroh hukumnya sunnah dengan banyak keistimewaan. Intinya, kedua ibadah ini mulia bagi setiap muslim dengan hukum yang berbeda.

Rukun Ibadah

Perbedaan ibadah haji dan umroh selanjutnya adalah rukun ibadah. Rukun ini merupakan penentu sah tidaknya suatu ibadah. Ibadah memiliki rukun yang berjumlah enam yakni niat ihram, wuquf, tawaf, sa`i, tahallu, dan tertib. Keenam rukun ibadah haji harus kamu lakukan secara keseluruhan dan runtut supaya ibadah haji memenuhi keabsahannya.

Hal ini berbeda dengan rukun ibadah umroh. Perbedaan tersebut terletak pada tidak adanya wukuf di arafah pada rukun ibadah umroh. Oleh sebab itu, rukun ibadah umroh hanya 5, yakni niat ihram, tawaf, sa`i, tahallul, dan tertib.

Nah, itulah beberapa perbedaan ibadah haji dan umroh. Meskipun memiliki perbedaan, kedua ibadah tersebut mempunyai hikmah bagi siapa saja yang melaksanakannya. Jika kamu ingin mendaftarkan diri sebagai jamaah umroh, kamu bisa langsung menghubungi PT. Alhijaz Indowisata.

Travel Haji Umroh Terbaik di Indonesia tersebut sudah memiliki izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia dan memiliki akreditasi A. Kamu bisa memilih berbagai paket umroh sesuai kebutuhanmu.

Tenang saja, PT. Alhijaz Indowisata mempunyai jadwal keberangkatan hampir setiap hari. Segera kunjungi alhijaz-indowisata.com untuk melihat biaya haji plus terbarunya! Jangan sampai melewatkan promo terbaiknya, ya!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan