Sebagian besar orang pasti setidaknya punya satu buah AC (Air Conditioner) di rumahnya. Penggunaan pendingin ruangan ini memang dirasa perlu untuk membuat ruangan terasa lebih nyaman. Akan tetapi, kamu pasti pernah merasakan ruangan tetap terasa panas meskipun sudah dipasang AC.

Hal ini tentu membuatmu merasa kesal karena AC tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Banyak sekali penyebab AC menjadi tidak dingin, hanya keluar angin atau bahkan mati sendiri. Kamu jadi tetap merasa kepanasan dan tidak bisa melakukan aktivitas dengan lebih produktif. Penyebab AC tidak dingin berasal dari faktor eksternal maupun internal.

Berikut ini adalah beberapa penyebab AC menjadi tidak terasa dingin sekaligus cara mengatasinya. Yuk langsung disimak ulasannya!

Filter AC Kotor

Filter AC yang tidak terawat dengan baik menjadi salah satu faktor penyebab AC ruangan tidak lagi dingin. Fungsi dari filter ini adalah menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara AC. Lama-kelamaan, kotoran akan menyumbat saringan filter, sehingga udara dingin tidak lagi bisa menembus keluar.

Untuk mengatasinya, kamu harus mencuci filter sebulan sekali agar filter bersih dari kotoran. Sebelum membersihkannya, pastikan sudah menutup barang-barang di sekitar AC. Misalnya, menutupi kasur dengan koran agar tidak kotor. Kemudian, pasang filter kembali dan kamu akan kembali merasakan semilir angin dingin dari AC yang menyejukkan.

Kondensor AC yang Kotor

Kondensor berfungsi untuk memanaskan gas refrigerant atau freon pada suhu tertentu. Serupa dengan filter, kondensor yang kotor akan membuat AC menjadi tidak dingin.

Jadi, penting sekali untik membersihkan kondensor AC secara rutin. Kamu bisa membersihkannya menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran atau memakai selang air dengan arus air yang pelan agar kondensor tidak rusak.

Refrigerant (Freon) Habis atau Bocor

Refrigerant atau lebih dikenal dengan nama freon adalah gas yang berguna dalam proses pendinginan ruangan. Freon yang habis atau bocor menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin.

Ciri-cirinya antara lain terjadi pembekuan es pada pipa AC, AC bocor dan terdengar suara mendesis akibat kebocoran. Untuk masalah satu ini, kamu harus menghubungi teknisi AC agar segera diperbaiki.

Kesalahan dalam Mengatur Termostat

Penyebab AC tidak dingin lainnya adalah terkait kesalahan dalam pengaturan termostat. Misalkan, suhu ruangan tempatmu bersantai sekarang adalah 23 derajat Celcius, namun kamu menyetel AC di suhu 26 derajat Celcius.

Tentunya itu salah karena AC akan mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dibandingkan suhu ruangan. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengatur suhu AC di bawah suhu ruangan.

Kondisi Ruangan

Kondisi ruangan juga bisa menjadi faktor penyebab AC tidak dingin. Contohnya, seperti ruangan tersebut sering terpapar sinar matahari langsung atau tembok ruangan terbuat dari campuran semen dan pasir.

Jelas hal tersebut akan menyebabkan ruangan tetap terasa panas, terutama di siang hari. Meski sudah mengatur suhu sedemikian rupa, AC tidak bisa bekerja optimal untuk mendinginkan ruangan.

Ukuran AC Tidak Sesuai

Selain kondisi ruangan tertentu, pemilihan ukuran AC yang tidak sesuai pun menjadi pemicu AC terasa tidak dingin. AC yang terlalu kecil tidak akan bisa memberikan semburan udara dingin secara maksimal pada ruangan yang besar.

Maka, kamu harus menggantinya dengan AC yang memiliki ukuran lebih besar. Bisa juga menyiasatinya dengan memasang satu lagi AC dengan ukuran yang sama dalam ruangan tersebut.

Itulah beberapa faktor penyebab AC tidak terasa dingin. Jika penyebabnya berasal dari internal AC, maka sebaiknya kamu memanggil jasa service AC ke rumah. Sebab, mereka yang pastinya lebih paham tentang berbagai masalah AC dan solusi tepat mengatasinya.

Kamu bisa menghubungi Elobana untuk memperbaiki AC yang bermasalah. Elobana menawarkan berbagai macam layanan seperti jasa service AC, pasang AC, bongkar pasang AC, perbaikan AC mati maupun error serta kontrak maintenance AC yang berharga. Teknisi yang sudah bersertifikat dan berpelangaman akan membantumu menyelesaikan masalah AC di rumah.

Kamu pun bisa menggunakan layanan konsultasi selama 24 jam, loh! Jika berlangganan di Elobana, kamu akan mendapatkan kupon diskon 10% sesuai ketentuan yang berlaku. Lebih hemat, bukan? Informasi selengkapnya tentang jasa service AC ini bisa dilihat di laman elobanaserviceac.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan