Seringkali pelanggan harus bolak-balik berganti platform pesan dan aplikasi untuk membeli suatu produk. Kenyataannya, platform perpesanan sangatlah penting untuk menyediakan komunikasi yang disukai oleh pelanggan.

Komunikasi yang baik dapat membawa sejumlah manfaat bagi perkembangan bisnis kita. Menggunakan platform perpesanan yang terintegrasi bisa menjadi solusi atas kebutuhan pelanggan.

Dalam metode pendekatan pelanggan, terdapat istilah multichannel dan omnichannel, di mana keduanya merupakan teknologi yang digunakan dalam mengembangkan perusahaan.

Definisi Omnichannel dan Multichannel

Multichannel ini berorientasi di sekitar produk dan memungkinkan pelanggan terlibat dengan membeli di saluran mana pun secara mudah. Namun, seringkali memperlakukan saluran sebagai channel yang terpisah satu sama lain.

Setiap saluran dalam strategi multisaluran terdapat peluang pembelian secara terpisah. Sementara itu, perbedaan omnichannel dan multichannel bisa dibilang terletak pada pengembangannya. Omnichannel sebagai tahap lanjutan dari multichannel menciptakan pengalaman pelanggan secara singular di seluruh brand kita.

Caranya, dengan menyatukan penjualan dan pemasaran yang menyebabkan spillover antar channel. Dalam hal customer support, omnichannel ini menyatukan berbagai saluran perpesanan dalam platform yang sama.

Kelebihan Omnichannel

Setelah mengetahui garis besar dari multichannel dan omnichannel, terlihat jelas bahwa omnichannel lebih unggul dibandingkan multichannel. Adapun beberapa kelebihan omnichannel yang perlu diketahui ialah sebagai berikut:

Pelanggan Menjadi Lebih Berharga

Konversi pada omnichannel jauh lebih bernilai. Pasalnya, pelanggan bisa menghabiskan waktu dan uang 4% lebih banyak di toko fisik dan 10% lebih banyak secara online.

Selain itu, pelanggan omnichannel juga menghabiskan uang lebih banyak dibanding dengan pelanggan pada umumnya di setiap saluran pemasaran. Dengan presetanse sekitar 9% lebih banyak.

Memiliki Fleksibilitas Pilihan

Sebesar 54% pelanggan omnichannel mengaku bahwa mereka lebih menyukai berbelanja dengan usaha retail yang memungkinkan pembelian melalui beberapa perangkat.

Itu berarti, para pelanggan lebih menyukai kemudahan beralih antara PC, laptop dan smartphone ketika berbelanja online.

Menjadi Favorit B2B

Bisnis berbentuk business to business atau B2B cenderung lebih suka pelanggan omnichannel. Sebab, mereka bernilai jauh lebih tinggi dibanding pelanggan saluran tunggal.

Sebaliknya, pelanggan juga lebih memilih platform e-commerce yang mendukung omnichannel. Hal tersebut untuk memudahkan proses belanja mereka secara online.

Itulah ulasan mengenai multichannel, omnichannel serta kelebihan omnichannel yang perlu kita ketahui. Jika tertarik menggunkan omnichannel untuk memaksimalkan komunikasi dengan pelanggan, pilih OCA Indonesia selaku provider komunikasi omnichannel terbaik.

Sebanyak 5.000 lebih perusahaan memilih OCA sebagai provider omnichannel untuk membantu mereka. Fitur-fiturnya juga lengkap dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Informasi selengkapnya bisa dilihat di ocaindonesia.co.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.