Muhadjir Effendy selaku Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) telah membuka Bazar Blitar Djadoel 2023 pada Sabtu (17/6). Muhadjir juga ikut meninjau beberapa stan bazar dan membeli sejumlah produk UMKM Kota Blitar.

“Blitar Djadoel ini sangat bagus, sangat lengkap. Saya juga membeli beberapa produk tadi, ada kain batik khas Kota Blitar dan masih banyak lagi,” kata Muhadjir setelah melihat stan di bazar Blitar Djadoel.

Akan tetapi, Muhadjir juga menambahkan jika promosi Bazar Blitar Djadoel ini perlu lebih digencarkan lagi. Apalagi promosi kepada masyarakat kota maupun kabupaten yang lain di kawasan Jawa Timur.

Hal tersebut Muhadjir sampaikan karena melihat kurangnya promosi sehingga beberapa daerah kurang mengetahui adanya acara Blitar Djadoel ini.

“Sedikit memberi saran, sebaiknya promosi keluar daerah bisa lebih ditingkatkan lagi. Harusnya acara ini dikabarkan ke kota dan kabupaten di sekitar Kota Blitar juga,” imbuhnya.

Menurut Muhadjir, produk yang ada di Bazar Blitar Djadoel cukup beragam dan lengkap. Sebagian besar produk yang dipamerkan berupa kuliner tempo dulu dan sudah jarang ditemui, seperti jenang tape dan jenang grendul.

“Ada banyak kuliner yang sudah langka. Jika ingin menikmati berbagai kuliner tempo dulu, silahkan datang ke Bazar Blitar Djadoel,” imbuhnya. Muhadjir juga menambahkan kalau pihaknya terus mendorong pengembangan produk UMKM di setiap daerah. Menurutnya, hal ini bisa membantu mempercepat pemulihan ekonomi di Tanah Air.

Pada masa pemulihan ekonomi ini, Muhadjir mengungkapkan bahwa pihaknya tidak bisa mengandalkan industri besar karena 80 besar ekonomi Indonesia telah mengandalkan UMKM.

Sementara itu, Hakim Sisworo selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar menjelaskan bahwa Blitar Djadoel ini akan terselenggara sampai 21 Juni di Alun-Alun Kota Blitar.

Secara keseluruhan terdapat 450 stan yang tersedia di Bazar Blitar Djadoel dan sebanyak 175 stan diantaranya bertempat di bagian Pasar Rakyat Blitar Djadoel.

Hakim mengungkapkan bahwa pihaknya berharap penyelenggaraan Bazar Blitar Djadoel bisa memberikan banyak dampak, terutama dari segi ekonomi kepada masyarakat Kota Blitar.

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan