Bila ingin mendapatkan potongan rambut pendek pria dengan mudah, sebetulnya kamu bisa melakukannya dari rumah saja. Memangkasnya tanpa bantuan orang lain ternyata jauh lebih mudah jika tahu tekniknya.

Bila kamu penasaran bagaimana cara memotong rambut di rumah saja setidaknya memerlukan beberapa alat. Seperti, jepitan, cermin, sisir, gunting cukur biasa atau alat cukur elektronik, bedak bayi dan produk Gatsby.

Kamu bisa menggunakan produk Gatsby apa saja sesuai dengan jenis hairstyle maupun jenis kulit kepala. Formula produk Gatsby aman digunakan dan tidak akan menghasilkan ketombe setelah pemakaian.

Persiapan Melakukan Potongan Rambut Pendek Pria

Bagi kamu yang belum pernah potong rambut sendiri pasti masih bingung cara memulainya. Namun hal tersebut bukanlah menadi halangan, karena sekarang ini sudah banyak tutorial cukuran sendiri di internet.

Barang yang dipersiapkan bukanlah barang yang sulit dicari. Jadi, supaya mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya kamu melengkapi beberapa barang berikut ini demi kelancaran proses cukur.

1.      Handuk

Fungsi handuk disini sebagai pengganti jubah apron seperti di barbershop. Kamu bisa menggunakan handuk kecil untuk melindungi kulitmu dari potongan rambut agar tidak gatal-gatal. Lindungi area leher belakang dan depan.

2.      Jepit Rambut

Ketika ingin melakukan potongan rambut pendek pria akan lebih mudah memakai jepitan. Benda tersebut berguna untuk memisah bagian atas supaya tidak turut tergunting saat sedang merapikan bagian samping.

3.      Alat Cukur

Alat cukurnya bisa berupa gunting atau bila memiliki alat cukur elektronik akan lebih mudah dalam proses mencukur. Sebelumnya, pastikan alat cukur tersebut sudah tajam.

4.      Sisir

Pilihlah jenis sisir bergigi rapat. Peran sisir disini adalah sebagai penggaris, jadi ketika mencukur kemungkinan ukurannya tidak akan panjang sebelah. Potongan rambut pendek pria akan lebih rapi dan sama rata.

5.      Bedak Bayi

Bedak bayi berguna untuk menghindarkanmu dari iritasi ketika ada potongan yang terjatuh mengenai kulit. Biasanya bila sudah terpotong dapat menimbulkan sensasi gatal pada kulit, bedak bayi mampu mengatasi efek gatal-gatal tersebut.

6.      Gatsby Pomade

Gatsby Pomade membantumu dalam proses finishing, jadi setelah selesai bercukur kamu harus merapikan rambutmu menggunakan produk Gatsby. Tentunya supaya bentuk dan volume akan semakin terlihat.

Cara Memotong Rambut Pria di Rumah

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan ketika mencukur sendirian. Bila kamu adalah pemula, sebaiknya perhatikan langkah berikut ini supaya tidak terjadi kesalahan fatal saat proses cukuran.

1.      Memilih Gaya Rambut

Kamu bisa memilih hairstyle menyesuaikan bentuk wajahmu. Namun jika masih bingung, kamu bisa mengandalkan potongan rambut pendek pria undercut. Sebab potongan tersebut bisa masuk ke segala bentuk muka.

2.      Balut Bahu dengan Handuk

Untuk menampung potongan yang terjatuh, kamu bisa menggunakan handuk terutama bila tidak ada apron. Selain itu, handuk juga bisa melindungimu dari gatal-gatal akibat hasil potongan yang terjatuh ke bahu.

3.      Basahi Rambut

Ketika kamu memilih untuk tidak keramas saat mencukur, basahi kepala menggunakan spray supaya lebih mudah memotongnya. Tapi kalau sudah keramas, sebaiknya langsung ke proses pencukuran.

4.      Sisir dan Jepit Bagian Atas dan Potong Bagian Sisi

Pisahkan bagian rambut menjadi beberapa section. Pertama, kamu harus memotong bagian samping lebih dulu jadi jepit bagian atas rambut. Biasanya bagian atas akan lebih banyak disisakan daripada bagian samping dan belakang.

5.      Rapikan Bagian Jambul

Untuk merapikan bagian jambul, cukup dengan gunting cukur, namun pada bagian sisinya kamu bisa memakai alat cukur elektronik. Sisir dulu bagian atasnya untuk diatur sedemikian rupa, kemudian gunting perlahan.

Pada proses terakhir, taburkan bedak di area leher dan bahu. Lalu lakukan styling menggunakan Gatsby Pomade. Dengan begitu potongan rambut pendek pria akan menjadi lebih keren serta rapi.

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan