Sudahkah Anda mengetahui informasi seputar Tourism Day? Hari Pariwisata ini merupakan ajang yang dirayakan setiap tahun secara internasional dan biasa disebut World Tourism Day. Di tahun 2022 ini, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Hari Pariwisata Sedunia.

Sebagai warga negara yang peduli terhadap pariwisata, Anda harus berkontribusi dalam perkembangan pariwisata di Indonesia. Jadilah wisatawan yang bijak mengapresiasi serta selalu menyemangati para penggiat pariwisata.

Ingin tahu fakta-fakta menarik seputar Tourism Day? Anda dapat menyimak penjelasan di bawah ini:

Sejarah Hari Pariwisata Sedunia

Sebelum berbicara lebih lanjut terkait asal usul Hari Pariwisata Sedunia, terlebih dahulu Anda perlu mengenai UNWTO atau United Nation World Tourism Organization. Mengapa perlu tahu UNWTO? Sebab, UNWTO lah yang menetap World Tourism Day.

UNWTO merupakan badan khusus PBB yang dipercaya untuk mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab, berkelanjutan dan dapat diakses secara universal. Hari Pariwisata Sedunia oleh UNWTO ditetapkan tanggal 27 September sejak tahun 1980.

Tanggal 27 September ditetapkan menjadi Hari Pariwisata Sedunia bukan tanpa alasan. Bermula dari 27 September tahun 1970, Anggaran Dasar UNWTO dirancang dan perancangan tersebut dianggap sebagai tolak ukur bagi pariwisata dunia.

Tidak hanya itu, di tanggal 27 September pun secara tidak sengaja bertepatan dengan musim libur. 27 September dimulainya musim libur di belahan bumi bagian selatan dan berakhir musim libur di belahan bumi bagian utara. Pariwisata sendiri tentu berhubungan erat dengan musim liburan bukan?

Nah, sejak saat itulah setiap tanggal 27 September Anda dapat melakukan ucapan World Tourism Day.

Negara tuan rumah

Mulanya, pada Oktober tahun 1997, Majelis Utama UNWTO membuat keputusan di pertemuan ke 12 di Istanbul, Turki untuk menunjuk satu negara tuan rumah penyelenggaraan Hari Pariwisata Sedunia.

Sehingga, kini setiap tahunnya perayaan Hari Pariwisata Sedunia diselenggarakan di negara berbeda dengan tema yang berbeda pula.

Makan dan tujuan penetapan Hari Pariwisata Sedunia

Perayaan Hari Pariwisata Sedunia dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dunia akan peran pariwisata di komunitas internasional. Selain itu, juga untuk menunjukkan dampak dari pariwisata akan nilai sosial, budaya, politik dan ekonomi dunia.

Sebagai informasi, bahwa terdapat sekitar ratusan sampai jutaan orang di seluruh dunia mendapatkan penghasilannya dari pariwisata. Hal tersebut menunjukkan bahwa pariwisata memberikan pengaruh positif terhadap perekonomian masyarakat.

World Tourism Day akan selalu dirayakan seiring bergeraknya sektor pariwisata yang mulai diakui sebagai pilar penting dalam perkembangan dan kemajuan yang berjalan dengan baik.

Seperti itulah informasi mengenai fakta menarik tentang Tourism Day. Selalu dukung industri pariwisata, khususnya pariwisata dalam negeri dan selamat Hari Pariwisata Sedunia.

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan