Kesehatan keluarga memiliki peran penting dalam memberikan dasar yang kuat untuk kehidupan yang bahagia dan produktif. Kesehatan keluarga memberikan dasar bagi kesejahteraan individu, dan akan membangun hubungan keluarga yang kuat.

Sehingga, banyak keluarga yang mulai menjaga pola hidup, pemeriksaan rutin, hingga menyiapkan asuransi kesehatan keluarga terbaik.

Menentukan asuransi kesehatan keluarga terbaik dapat bergantung pada berbagai faktor, termasuk kebutuhan kesehatan keluarga, anggaran, dan preferensi individu. Karena, asuransi kesehatan menjadi peran penting seiring biaya pengobatan yang rutin mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Terutama jika kamu sudah berkeluarga, jumlah anggota yang ditanggung lebih banyak, sehingga biaya yang dibutuhkan juga cukup banyak. Jika tidak dibantu dengan asuransi kesehatan keluarga, maka kamu akan mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Melansir dari situs GoodDoctor, pengertian asuransi kesehatan keluarga adalah asuransi yang memberik pertanggungan biaya untuk pengobatan dan perawatan di rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya yang bekerjasama, untuk satu keluarga.

Berbeda dengan asuransi kesehatan individu yang hanya untuk satu orang, asuransi ini bisa digunakan untuk beberapa orang sekaligus dalam satu polis.

Sebelum menentukan untuk membeli asuransi kesehatan keluarga, simak beberapa penjelasan berikut untuk mendapatkan asuransi yang terbaik untuk keluarga:

1. Memahami kebutuhan kesehatan keluarga dan tentukan plan

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan keluarga, terlebih dahulu tentukan berapa jumlah anggota yang akan didaftarkan dalam asuransi tersebut. Karena, jumlah anggota akan bergantung pada jumlah premi yang dibayarkan, dan juga bisa saja ada kemungkinan penambahan anggota keluarga, seiring kelahiran anak.

Kemudian, pahami kebutuhan kesehatan keluarga. Dalam satu keluarga mungkin ada beberapa orang yang membutuhkan medis lebih sering dibandingkan lainnya. Dengan begitu kamu akan memilih asuransi dengan cakupan yang kamu butuhkan.

2. Asuransi memiliki cakupan yang komprehensif

Pastikan polis asuransi kesehatan keluarga menawarkan cakupan yang komprehensif, termasuk rawat inap, rawat jalan, pemeriksaan kesehatan preventif, dan perlindungan tambahan seperti persalinan dan rawat gigi.

Selain itu, jika dalam keluarga ada riwayat penyakit kritis, maka perlu juga diperhatikan apakah asuransi yang akan kamu beli memiliki cakupan terhadap penyakit kritis atau tidak.

3. Perhatikan penawaran manfaat tambahan

Tambahan atau rider dalam polis asuransi kesehatan adalah tambahan perlindungan yang dapat diperoleh dengan pembayaran premi tambahan. Manfaat tambahan asuransi kesehatan dapat bervariasi tergantung pada jenis tambahan yang dipilih.

Adapun beberapa manfaat tambahan yang ditawarkan adalah berupa rawat jalan, perawatan gigi, manfaat kehamilan dan persalinan, pemeriksaan mata, dan lain-lain.

4. Memiliki rekanan yang luas

Salah satu nilai tambah dari asuransi kesehatan adalah apabila memiliki rekanan yang luas dan tersebar hingga pelosok Indonesia. Hal ini memungkinkan agar kamu mudah melakukan pengobatan dan perawatan di layanan kesehatan terdekat.

Periksa jaringan penyedia layanan kesehatan yang bekerja sama dengan asuransi. Pastikan bahwa rumah sakit, dokter, dan fasilitas kesehatan lain yang biasa Anda kunjungi termasuk dalam jaringan tersebut.

5. Ketahui manfaat dan pengecualian dalam polis

Mengecek polis yang berisi ketentuan dari asuransi baiknya dilakukan sebelum memutuskan membeli asuransi, khususnya memeriksan bagian pengecualian. Dalam asuransi, sudah tertera dalam polis bahwa tidak semua risiko dapat dilindungi.

Risiko yang tidak dilindungi tersebut disebut dengan pengecualian. Agar tidak terjadi kesalahpahaman, pastikan kamu sudah membaca dan mengetahui pengecualian yang ada dalam polis asuransi.

6. Kenali reputasi perusahaan asuransi

Sebelum memutuskan ke satu perusahaan asuransi, ada beberapa hal yang harus kamu pastikan terlebih dahulu, yaitu membandingkan produk asuransi dari perusahaan asuransi satu ke perusahaan lainnya, dan mengenali reputasi perusahaan asuransi yang akan dipilih.

Mengetahui reputasi perusahaan asuransi sangat penting karena reputasi mencerminkan seberapa baik perusahaan tersebut menangani kewajibannya, memberikan pelayanan pelanggan, dan membayar klaim.

Sebelum memutuskan, disarankan untuk berbicara dengan agen asuransi atau konsultan keuangan untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan keuangan keluarga.

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan