Selain di bisnis restoran atau kedai kopi, sistem Point of Sale juga biasa digunakan dalam bisnis retail. Point of Sale (POS) bisa diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dan mesin kasir (cash register).

Dalam bisnis retail, Point of Sale memiliki beragam manfaat yang bisa didapatkan. Apa saja? Yuk cari tahu pada ulasan berikut ini!

Mengelola Barang di Toko Jadi Lebih Mudah

Dengan sistem POS, memungkinkan kita untuk mengelola penjualan di seluruh cabang toko retail yang dipunya. Kita bisa update produk serta harganya di seluruh toko hanya melalui satu sistem.

Selain itu, kita juga bisa melihat transaksi penjualan dan ketersediaan stok barang di setiap cabang. Misalkan, salah satu toko kehabisan stok suatu barang, maka kita bisa mencarinya di cabang toko yang lain.

Memberikan Layanan Pelanggan dengan Lebih Baik

Manfaat selanjutnya adalah bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Karyawan bisa mencari produk yang pelanggan inginkan hanya dalam waktu yang singkat. Bahkan, sistem ini memungkinkan pelanggan untuk mencari barang yang diinginkan secara mandiri.

Sistem POS yang canggih juga bisa diintegrasikan dengan e-commerce. Jadi, pelanggan bisa melakukan pembayaran secara online yang lebih mudah dan cepat.

Meningkatkan Keamanan Data

Data-data pelanggan seperti informasi kartu kredit haruslah tersimpan secara aman. Sistem POS yang berbasis cloud akan memfasilitasi keamanan data pelanggan. Seluruh informasi penting tersimpan di dalam cloud, sehingga mengurangi risiko kehilangan data akibat virus komputer dan sebagainya.

POS berbasis cloud juga memungkinkan kita untuk mengakses data secara offline. Kita tetap bisa melanjutkan transaksi tanpa khawatir data hilang, karena seluruh data transaksi akan disimpan dan disinkronisasi saat kita kembali online.

Menghasilkan Laporan Penjualan yang Akurat dan Lengkap

Membuat laporan penjualan secara manual? Sudah basi! Dengan sistem POS, kita bisa membuat laporan penjualan yang mencakup jumlah produk yang terjual, produk paling laris dan lain-lain secara online dan real-time.

Dengan begitu, kita bisa meminimalisir terjadinya human error yang biasa terjadi ketika menghitung penjualan, sehingga data yang dihasilkan benar-benar akurat.

Ingin mendapatkan semua manfaat di atas? Yuk mulai berlangganan di Moka POS! Layanan Point of Sale dari Moka POS bisa mengembangkan usaha kita tanpa kenal batas. Itu karena fitur-fitur di dalamnya yang sangat membantu kita dalam mengelola bisnis retail, terlebih bagi yang punya banyak cabang.

Informasi selengkapnya bisa dilihat melalui laman mokapos.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan