RadarBlitar.com – Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar saat ini sedang melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer atau USBK. Ujian ini terlaksana sejak Senin 23 Mei 2022 lalu.

Diketahui terdapat lebih dari 12.000 pelajar pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Blitar mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Komputer ini hingga Sabtu, 28 Mei 2022 besok. Sebagian siswa harus menggunakan perangkat android pribadinya agar tetap bisa mengikuti ujian tersebut.

Penggunaan perangkat pribadi ini karena kurangnya persediaan perangkat komputer maupun laptop di sekolah mereka.

Kebijakan Menggunakan Android Pribadi Untuk USBK

Wiji Asrori selaku Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar juga membenarkan bahwa ada sekitar 12.445 pelajar sekolah dasar di Kabupaten Blitar yang mengikuti pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer.

Ujian Sekolah Berbasis Komputer atau USBK ini terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. Skema ini dilakukan karena keterbatasan perangkat komputer atau laptop di sekolah dasar masing-masing.

Karena keterbatasan itulah, akhirnya muncul suatu kebijakan agar semua peserta dapat mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Komputer dengan baik. Jadi, saat pelaksanaan ujian, sebagian pelajar berkesempatan menggunakan perangkat laptop dan sebagian lainnya menggunakan tablet.

Bagi pelajar yang  tidak berkesempatan mengerjakan ujian mengunakan perangkat sekolah, mereka boleh menggunakan perangkat pribadi seperti android. Kebijakan tersebut merupakan langkah yang paling efektif agar semua pelajar sekolah dasar bisa mengerjakan ujian dengan optimal dan serentak.

Sistem dalam Ujian Sekolah Berbasis Komputer ini sudah tersetujui dan para pelajar pun menaatinya dengan baik. Menurut Wiji Asrori, sistem ini bisa membuat ujian tetap bisa berjalan dengan lancar meskipun masih banyak kekurangan terkait fasilitas sekolah.

Selain fasilitas berupa perangkat keras seperti komputer dan laptop, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar tersebut juga menyatakan bahwa jaringan internet juga hal yang paling penting untuk mendukung kesuksesan ujian.

Menurut hasil pantauan beliau, pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer yang sudah mulai sejak hari Senin lalu ini sudah berjalan dengan lancar, termasuk jaringan internetnya.

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan