RadarBlitar.com – Berdasarkan Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan yang diselenggarakan pada hari Jumat (1/4/2022) kemarin, memutuskan bahwa awal 1 Ramadan jatuh pada hari Minggu (3/4/2022). Seperti Ramadan setiap tahunnya, tahun ini Pemkot Blitar juga akan menggelar Pasar Takjil Ramadan.

Namun, tidak seperti sebelumnya, lokasi pasar takjil yang biasanya diadakan di Jalan Ahmad Yani akan berpindah ke Jalan Kenanga atau timur Kantor Walikota Blitar. Hal ini juga dibenarkan oleh Juari, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar.

Juari mengatakan pemindahan lokasi pasar takjil ini sudah melalui pertimbangan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas. Menurut hasil evaluasi, pelaksanaan pasar takjil di Jalan Ahmad Yani menimbulkan kemacetan serta mengganggu pengguna jalan.

Alasan Pemindahan Lokasi Pasar Takjil Ramadan 2022 Kota Blitar

Pihak Dishub melakukan pemindahan demi keamanan masyarakat, dan terpilihlah Jalan Kenanga sebagai lokasi Pasar Takjil Ramadan Kota Blitar 2022. Selama pelaksanaannya, ruas jalan tersebut akan ditutup total. Dishub juga menyediakan lokasi untuk parkir kendaraan di Jalan Merdeka dan Jalan Mastrip.

Juari menambahkan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang akan mengatur para pedagang-pedagang di pasar takjil nantinya. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Blitar, Hakim Sisworo membenarkan dan mengikuti rekomendasi Dishub dan Polres Blitar Kota untuk memindahkan lokasi pasar takjil yang awalnya di Jalan Ahmad Yani ke Jalan Kenanga.

Hakim mengungkap ada sekitar 80 pedagang yang akan berjualan di pasar takjil. Katanya, pasar takjil di Ramadan tahun ini akan dilaksanakan selama sebulan penuh. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya selama 15 hari.

Sekadar informasi, pada tahun-tahun sebelumnya Pemkot Blitar menggelar Pasar Takjil Ramadan di Jalan Ahmad Yani, atau tepatnya di depan SMPN 1 Kota Blitar. Hampir separo badan jalan yang pihak Pemkot gunakan sebagai tempat berjualan para pedagang takjil.

Kondisi itulah yang membuat arus lalu lintas di ruas jalan tersebut sering mengalami macet ketika pelaksanaan pasar takjil. Parkir motor yang sembarangan juga menjadi faktor kemacetan yang sering terjadi ketika menjelang waktu berbuka puasa. Oleh karena itu, tahun ini lokasi Pasar Takjil Ramadan Kota Blitar pindah ke Jalan Kenanga untuk menghindari lalu lintas yang macet. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *