Banyak orang pasti memimpikan  liburan ke luar negeri. Menikmati keindahan alam di berbagai negara, mencoba kuliner khas negara tertentu, dan juga kebudayaannya. Namun sayang, banyak orang hanya bisa memimpikannya saja karena biaya liburan ke luar negeri cukup mahal.

Belum lagi resiko-resiko yang harus dihadapi ketika terjadi sesuatu hal yang tidak mengenakkan. Maka dari itu, untuk melindungi diri selama liburan, sebaiknya kamu membeli asuransi perjalanan luar negeri untuk memproteksimu selama melakukan perjalanan ke luar negeri.

Ketika liburan ke luar negeri, kamu harus mengeluarkan banyak anggaran. Untuk tiket pesawat, tempat menginap, transportasi selama liburan, makanan, belum lagi menghabiskan banyak uang untuk berbelanja. Semua anggaran tersebut harus direncanakan sebaik mungkin, jika tidak pengeluaran kamu bisa tidak terkontrol selama liburan. Untuk itu, simak beberapa tips berikut ini agar tidak boncos:

Memiliki asuransi perjalanan

Apa yang terjadi jika tiba-tiba penerbangan kamu ke tujuan atau pulang terlambat atau bahkan ditunda. Sedangkan kamu sudah tidak memiliki anggaran lebih untuk menginap lagi di hotel? Jika kamu memiliki asuransi perjalanan, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan masalah seperti itu. Bahkan ketika kamu kehilangan bagasi atau barang berharga, asuransi perjalanan dapat melindungi kamu dari hal-hal tidak terduga tersebut.

Pelajari destinasi yang dikunjungi

Sebelum berangkat, sebaiknya kamu lakukan riset mendalam dengan membaca artikel tentang destinasi, menonton review dari para vlogger yang pernah berkunjung sebelumnya, dan mempelajari segala hal tentang destinasi yang dituju. Kamu akan mendapat gambaran tentang pengeluaran dan anggaran yang dibutuhkan selama mengunjungi destinasi tersebut. Hindari godaan menghabiskan lebih dari yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

Membuat rencana anggaran liburan yang rinci

Setelah menentukan destinasi tujuan, kamu harus membuat rencana anggaran yang akan digunakan selama liburan secara terperinci. Misalnya biaya untuk hotel selama beberapa hari, biaya transportasi, akomodasi, makanan, tempat wisata, oleh-oleh, hingga dana darurat/cadangan. Dengan begitu kamu sudah memiliki bayangan anggaran pasti yang akan kamu keluarkan saat liburan.

Membuka tabungan khusus liburan

Ketika ingin berlibur keluarga negeri, sebaiknya rencanakan beberapa bulan sebelum keberangkatan. Saat kamu sudah tahu besaran anggaran yang akan dikeluarkan untuk liburan, kamu dapat membuka tabungan khusus liburan, di mana kamu dapat menyisihkan sejumlah pendapatan kamu untuk dialokasikan untuk anggaran liburan nanti. Kenapa dibuat terpisah? Karena hal tersebut dapat membantu kamu untuk tetap konsisten untuk menabung dan tidak mencampuradukkan anggaran tersebut dengan kebutuhan kamu lainnya.

Kelola uang dengan baik dan tidak impulsif selama liburan

Saat berangkat, ingatkan diri untuk tetap konsisten dan berkomitmen untuk hanya membelanjakan uang kamu sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat. Tidak impulsif sehingga kamu menggunakan anggaran diluar anggaran liburan. Untuk mengelola keuangan saat liburan adalah pertama alokasikan sejumlah uang tunai, agar kamu dapat membatasi pengeluaran dan menjadi disiplin. Kedua manfaatkan aplikasi keuangan yang dapat membantu kamu melacak pengeluaran secara real-time, sehingga kamu tahu kapan bisa berhenti.

Nah, selamat berlibur!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan