RadarBlitar.com – Istana Gebang atau Dalem Gebang adalah salah satu ikon wisata bersejarah Kota Blitar. Lokasinya berada di Jalan Sultan Agung, Sananwetan, Kota Blitar. Istana gebang ini adalah rumah masa kecil Soekarno.

Ir. Soekarno atau yang akrab dengan sapaan Bung Karno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Pada sekitar tahun 1917, keluarga Bung Karno pindah ke Kota Blitar. Selama masa jabatannya menjadi presiden RI, Bung Karno sangat jarang mengunjungi Kota Blitar.

Kunjungan terbanyaknya ketika tahun 1955, saat persiapan Konferensi Asia Afirka, persiapan pemilu, dan setelah pemilu.

Nah, rumah masa kecil Bung Karno tersebut sudah menjadi tempat wisata sejarah di Kota Blitar, lho. Berikut ini fakta menarik tentang Istana Gebang yang bisa menjadi motivasi kamu untuk berkunjung.

Berlokasi di Pusat Kota Blitar

Kamu tidak perlu bingung ketika ingin berkunjung ke Istana Gebang. Lokasinya sangat mudah untuk kamu temukan. Hal ini karena letaknya berada di tengah kota. Destinasi wisata ini bisa kamu jangkau baik dari Stasiun Blitar, Terminal Patria, maupun PIPP Kota Blitar.

Umumnya pengunjung dari luar daerah, berhenti di PIPP dan menggunakan becak untuk menuju tempat bersejarah ini.

Nah, dalam beberapa tahun terakhir ini, alur dalam berkunjung di Istana Gebang ini sudah tertata dengan rapi. Jadi, pengunjung harus mengikuti rute tersebut. Untuk mengawali kunjungan, kamu akan memasuki ruang tamu, lalu ke ruang keluarga.

Setelah itu, kamu bisa melihat kamar utama keluarga Soekarno, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan kebun belakang. Kemudian, kunjunganmu akan sampai di garasi mobil dan berakhir di balai kesenian bagian barat. Dalam melakukan kunjungan, terdapat pemandu yang menemani perjalananmu berkeliling rumah ini.

Mobil Spesial Soekarno

mobil spesial bung karno

Mobil spesial ini adalah Mobil Mercedez dengan type 190. Dulunya, mobil ini berguna untuk menjemput Bung Karno dari Bandara Abdurahman Saleh di Malang menuju Kota Blitar. Sebenarnya mobil ini merupakan mobil pribadi dari Rumah Batu Tulis Bogor yang Bung Karno gunakan untuk keperluan kunjungan di Blitar.

Nah, banyak yang menduga bahwa mobil ini merupakan mobil yang secara khusus Bung Karno pesan. Hal tersebut terlihat dari letak setir yang berada di sebelah kanan dan berlogo Merah Putih dengan tulisan Indonesia.

Khas Tempo Dulu

Istana Gebang memiliki banyak ruangan yang tersusun sangat rapi. Salah satunya, bisa kita lihat di ruang tamunya. Selain untuk menyambut kedatangan para tamu, ruangan ini sering Bung Karno manfaatkan untuk berdiskusi beragam hal yang penting.

Ruangan ini menjadi bagian rumah yang pertama pengujung datangi ketika berwisata. Banyak sekali furniture lawas, seperti meja dan kursi. Selain itu, terdapat beberapa koleksi foto maupun lukisan keluarga Ir. Soerkarno.

Tetap Indah Sampai Kini

Bentuk lawas Istana Gebang atau Dalem Gebang sebelum tahun 1950 sudah berbeda dengan yang nampak saat ini. Kamu bisa melihat bentuk bangunan lawasnya pada salah satu koleksi foto yang terpajang di ruang keluarga Bung Karno.

Selain bagian depan rumah, bagian atapnya juga sudah mengalami berbagai perubahan. Tetapi, secara umum, bagian dalam rumah dan perabotannya adalah peninggalan keluarga Bung Karno. Sejak ditinggali keluarga Bung karno tahun 1917 sampai dengan saat ini, rumah tersebut sudah mengalami beberapa kali perbaikan.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang Istana Gebang yang merupakan rumah masa muda Bung Karno di Blitar. Jika kamu sedang berkunjung di Kota Blitar, jangan lupa masukan Dalem Gebang dalam daftar kunjunganmu, ya!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan