Pandemi Covid-19 membuat kita semua tersadar akan pentingnya mengonsumsi vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi penyakit atau virus. Berbagai fungsi dan manfaat vitamin mulai dipelajari secara mendalam. Salah satu vitamin yang penting untuk dikonsumsi adalah vitamin B kompleks yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya adalah:

Meningkatkan energi

Tubuh menghasilkan energi dengan cara mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang dalam hal ini dibantu oleh vitamin B kompleks. Oleh karena itu, proses pembentukan energi di dalam tubuh tidak akan optimal apabila tubuh kekurangan vitamin B kompleks. Hal ini mengakibatkan tubuh mudah lelah serta mengalami penurunan vitalitas saat latihan dan beraktivitas.

Mengurangi stress dan meningkatkan mood

Ada banyak penelitian yang mengindikasikan bahwa vitamin B kompleks dapat mengurangi stress dan meningkatkan mood. Hal ini didukung dengan kenyataan bahwa dokter merekomendasikan vitamin B kompleks kepada penderita yang mengalamin kelelahan emosional guna meningkatkan suasana hati dan membangkitkan semangatnya. Meskipun vitamin B kompleks bukan tergolong obat anti depresan, namun penggunanan Vitamin B kompleks bersamaan dengan anti depresan dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Meningkatkan fungsi otak

Vitamin B kompleks dapat menunjang kesehatan otak dimana mengonsumsi vitamin ini secara rutin mampu memaksimalkan fungsi fisiologis dan neurologis. Disamping itu, vitamin B kompleks juga berfungsi meningkatkan fungsi memori dan konsentrasi. Jadi dengan rutin kosumsi vitamin B kompleks, kamu jadi gak gampang lupa lho!

Mencegah penuaan dini

Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan risiko gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, ketombe, bibir pecah-pecah, kulit kering, dan kulit keriput. Hal in dikarenakan vitamin B mendukung pembentukan sintesis RNA & DNA yang berperan dalam kesehatan kuku, kulit, dan rambut.

Menurunkan kadar kolesterol

Unsur niacin yang dimiliki Vitamin B kompleks membuatnya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke dengan cara mencegah pengerasan pembuluh darah.

Mencegah migrain

Bagi yang sering migrain, jangan khawatir karena dengan mempengaruhi disfungsi mitokondria di tingkat sel, vitamin B kompleks dapat membantu mencegah serangan migrain, terutama untuk jenis vitamin B2, B6, B9, dan B12.

Mempercepat penyembuhan luka dan sariawan

Vitamin B kompleks terutama B12, teruji mampu membantu proses penyembuhan luka serta mengatasi nyeri karena sariawan.

Kebutuhan vitamin B kompleks bagi setiap orang tentu berbeda-beda dan biasanya bergantung dari kondisi kesehatan dan usia orang tersebut. Namun hal yang pasti adalah vitamin B kompleks memiiliki banyak manfaat dan berperan dalam pembentukan energi, perkembangan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, dan lain-lain. Oleh karena itu, mari mulai mengonsumsi Vitamin B kompleks dengan rutin dan konsultasikan ke dokter guna memilik jenis vitamin B kompleks mana yang sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan