Perusahaan asuransi pada umumnya menjual jenis polis asuransi mobil ataupun kendaraan berdasarkan dengan manfaatnya. Asuransi TLO merupakan asuransi yang menanggung biaya kerusakan total hanya diatas 75%, sedangkan untuk asuransi All Risk merupakan asuransi yang menanggung biaya perbaikan akibat kerusakan kecil hingga kerusakan yang besar.

Untuk mengetahui perbedaan dari kedua asuransi tersebut langsung saja kalian simak pembahasan di bawah ini.

Adapun manfaat dari pertanggungan asuransi TLO (Total Loss Only) dan asuransi All Risk memiliki beberapa perbedaan seperti berikut:

Manfaat Pertanggungan

Dilihat dari manfaat pertanggungan asuransi TLO hanya berlaku jika biaya penggantian sama dengan atau lebih dari 75% dari harga pasar kendaraan biasanya pada saat kejadian (termasuk hilangnya kendaraan).

Sedangkan manfaat pertanggungan asuransi All Risk bisa mencangkup atas kerusakan kecil hingga besar. Contohnya seperti tergores, penyok, bahkan kehilangan ataupun pencurian.

Usia Mobil

Polis asuransi TLO diperuntukkan bagi mobil yang berusia 0-10 tahun atau mobil bekas yang usianya lebih dari 10 tahun. Sedangkan polis asuransi All Risk hanya diperuntukkan bagi mobil baru ataupun mobil bekas dengan usia kurang dari 10 tahun.

Rate Premi OJK

Rate premi untuk asuransi TLO sekitar 0,20%-0,78%. Sedangkan rate premi untuk asuransi All Risk yaitu sekitar 1,05%-4,20%.

Besaran Premi

Pada besaran premi polis pada asuransi TLO memang lebih murah jika dibandingkan dengan polis asuransi All Risk. Dikarenakan premi asuransi TLO lebih kecil jika dibandingkan dengan premi pada asuransi All Risk.

Layanan Bengkel

Perbaikan mobil dibengkel resmi umumnya hanya berlaku untuk mobil dengan polis All Risk dan TLO yang usianya kurang dari 10 tahun. Polis TLO dengan usia mobil diatas 10 tahun hanya bisa melakukan perbaikan dibengkel umum saja.

Rate Asuransi Mobil TLO

Rate asuransi TLO biasanya kurang dari 1% dari harga mobil tersebut. Asuransi TLO dapat dipilih apabila mobil yang kita miliki potensi kerusakan atau potensi untuk dicuri cukup besar.

Contohnya Anda sering memarkirkan mobil anda berpindah-pindah tempat ataupun lingkungan sekitar anda rawan dengan adanya pencurian dan kehilangan.

Dari kedua asuransi diatas mana yang lebih baik, asuransi TLO atau asuransi All Risk? Jika dilihat dari segi premi, asuransi All Risk memang memakan biaya yang lebih mahal, namun hal tersebut sepadan dengan perlindungan yang akan kalian dapatkan. Perlindungan yang kalian dapatkan lebih maksimal jika dibandingkan dengan asuransi TLO.

Alasan mengapa perlindungan pada asuransi All Risk lebih menjanjikan yaitu karena dari pihak perusahaan asuransi sendiri bersedia mengganti biaya kerusakan mobil pada saat mobil mengalami kerusakan sebagaian ataupun keseluruhan.

Sedangkan untuk asuransi TLO meskipun premi murah namun jika mobil mengalami kerusakan dibawah 75% maka pihak asuransi tidak mau bertanggung jawab dan seutuhnya menjadi tanggung jawab dari pemegang polis itu sendiri.

Bagaimana teman-teman semua, setelah membaca sedikit pembahasan diatas kalian sudah mengetahui perbedaan dari asuransi TLO dan asuransi All Risk bukan? Kalian lebih tergiur dengan asuransi yang mana nih untuk mobil kalian?

Nah, jika kalian ingin mendaftarkan asuransi mobil untuk kendaraan kesayangan, langsung saja daftar melalui Lifepal. Tidak hanya asuransi mobil, pialang asuransi satu ini juga menyediakan pilihan asuransi terbaik lainnya seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, unit link hingga asuransi perjalanan.

Di Lifepal, kalian juga bisa mengetahui biaya cat mobil Tangerang di bengkel rekanan perusahaan asuransi. Kunjungi laman lifepal.co.id untuk mencari tahu lebih detail informasi seputar asuransi. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan