Sebagian besar orang beranggapan bahwa mendirikan suatu usaha perlu memiliki modal yang besar. Padahal, memulai bisnis dengan skala kecil seperti UMKM juga tidak ada salahnya. UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis, bentuk usaha satu ini adalah yang paling mudah dan sederhana.

Oleh karena itu, UMKM di Indonesia banyak bermunculan dalam berbagai bidang. Berkat jumlahnya yang signifikan, UMKM pun menjadi salah satu pilar dalam membangun ekonomi negara. UMKM sendiri merupakan bentuk usaha yang dijalankan secara perorangan, rumah tangga atau badan usaha ukuran kecil.

Pemerintah telah menggolongkan UMKM sesuai dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha, Mikro dan Menengah dengan dasar kriteria jumlah aset dan omzet. Usaha mikro contohnya seperti warung kopi, barbershop (pangkas rambut), dan pedagang di pasar.

Contoh usaha kecil di antaranya usaha fotokopi, bengkel motor, laundry dan sejenisnya. Sedangkan usaha menengah yang paling dominan di Indonesia contohnya restoran besar, pembuat roti hingga toko bangunan.

Peran UMKM dalam Ekonomi Indonesia

Melihat geliat UMKM yang semakin kentara, turut berpengaruh pada perekonomian di Indonesia. UMKM memiliki beberapa peran penting, antara lain mendorong pemerataan ekonomi, meningkatkan devisa negara karena banyak produk UMKM yang berhasil minat konsumen asing, serta membuka lapangan pekerjaan.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya setiap UMKM harus mulai beradaptasi. Apalagi, kini lebih banyak konsumen yang berminat berbelanja di situs online daripada langsung datang ke toko.

Salah satu caranya adalah dengan memulai digitalisasi UMKM. Hal ini bertujuan agar pemilik UMKM tidak kehilangan target pasarnya dan bisa terus bertahan di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat.

Digitalisasi UMKM: Menyongsong Era Baru Bisnis

Digitalisasi UMKM telah menjadi topik yang semakin mendapat perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena ini tidaklah mengherankan mengingat dampak besar yang telah dihasilkan oleh teknologi informasi dan komunikasi terhadap cara UMKM beroperasi.

Digitalisasi UMKM adalah proses mengadopsi teknologi digital dan internet dalam berbagai aspek bisnis. Ini mencakup penggunaan perangkat lunak, ecommerce platform, media sosial, dan berbagai alat digital lainnya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Dalam era digital, banyak alat dan sistem yang dapat membantu UMKM mengelola inventaris, mengotomatisasi proses akuntansi, dan mengoptimalkan rantai pasokan. Ini dapat menghemat waktu dan tenaga, sehingga pemilik UMKM dapat fokus pada hal-hal yang lebih strategis.

UMKM juga seringkali dihadapkan pada tantangan tradisional seperti keterbatasan modal, akses ke pasar yang terbatas, dan persaingan yang ketat. Digitalisasi dapat membantu mengatasi beberapa tantangan ini.

Misalnya, dengan berjualan online, UMKM dapat mencapai pasar yang lebih luas tanpa perlu berinvestasi dalam toko fisik mahal. Mereka juga dapat menggunakan alat analisis data untuk memahami perilaku pelanggan dan meningkatkan strategi pemasaran mereka.

Plugo Dukung Penjualan UMKM dengan Padukan Marketplace dan Website

Penjualan secara online memang lebih menjanjikan saat ini. Pergeseran budaya belanja konsumen serta perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat para pemilik usaha termasuk UMKM harus memutar otak. Jadi, digitalisasi UMKM bukanlah pilihan, melainkan kebutuhan untuk bertahan dan berkembang di era bisnis yang semakin digital.

Oleh sebab itu, Anda sebagai pemilik UMKM perlu memulai bisnis online. Bersama Plugo, Anda bisa memulai bisnis online dengan mudah.

Plugo merupakan platform e-commerce all-in-one yang akan membantu siapa saja yang ingin memulai bisnis online. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk mempersonalisasi toko online milik mereka dengan template website, integrasi pembayaran dan kurir, omnichannel, SEO dan juga fitur marketing.

Plugo memiliki banyak sekali fitur unggulan, seperti PlugoStore, PlugoLinks, PlugoAds, PlugoSync dan PlugoPos. Dengan PlugoStore, Anda bisa membangun toko online dengan cepat. Tampilan website UMKM bisa diubah sesuai keinginan, lengkap dengan sistem manajemen order, payment gateway, dan integrasi logistik untuk membantu memproses orderan.

Tersedia berbagai pilihan template premium untuk website e-commerce dan bisa disesuaikan dengan toko online di berbagai tempat. Kemudian, ada PlugoLinks dimana fitur link-in-bio ini memungkinkan Anda membuat halaman khusus dengan link penting untuk dibagikan kepada pelanggan atau audiens.

Suatu bisnis tentunya perlu dipromosikan agar lebih dikenal banyak orang. Plugo menyiapkan PlugoAds untuk menjalankan kampanye iklan lebih mudah. Melalui dashboard Plugo, Anda bisa meluncurkan, mengoptimalkan serta memonitor iklan produk secara langsung.

Bayarnya cukup dengan PlugoCoins, tidak perlu menggunakan kartu kredit. Anda pun bisa melihat metrik campaign guna menganalisis pendapatan dan ROI yang dihasilkan dari iklan.

Plugo juga memiliki fitur PlugoSync, di mana seluruh saluran penjualan Anda akan terpusat. Omnichannel dari Plugo telah terintegrasi dengan berbagai marketplace terbesar di Indonesia, termasuk Shopee, Tokopedia, Lazada, TikTok Shop dan lainnya yang akan datang. Jadi, Anda bisa lebih hemat waktu, biaya dan juga tenaga.

Ketika berbisnis, masalah keuangan selalu menjadi momok terbesar para pebisnis. Karena, sekali salah saja, akan berdampak besar pada perkembangan bisnis ke depannya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan PlugoPOS. Fitur satu ini akan membantu Anda untuk mengelola transaksi, inventaris dan pegawai toko dengan mudah.

Interaksi dengan pelanggan untuk meningkatkan engagement juga bisa dilakukan. Dengan sistem point-of-sale, Anda pun bisa meningkatkan penjualan. Ditambah integrasi PlugoPOS dan PlugoStore yang membuat Anda bisa melihat data penjualan.

Anda bisa memulai bisnis online bersama Plugo secara gratis, jarang sekali ada platform yang menawarkan paket gratis yang bisa digunakan selamanya. Nah, jika sudah yakin ingin berlangganan, Anda bisa memilih paket Basic, Business dan Enterprise yang memiliki beberapa fitur berbeda.

Fitur dasar yang ada di semua paket seperti toko online, yang bisa Anda buat dalam hitungan menit tanpa perlu coding. Lalu, fitur pesanan unlimited yang mampu memproses berapapun jumlah transaksi dan mengelola pesanan pelanggan dengan mudah.

Payment Gateway membantu Anda untuk menggunakan beragam metode pembayaran serta menerima pesanan dengan cepat dan aman. Fitur terakhir adalah Integrasi Logistik, di mana Anda bisa memilih sebanyak mungkin kurir pengiriman yang dibutuhkan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

Bangun Bisnis UMKM Online Bersama Plugo

Plugo dukung penjualan UMKM

Plugo sepenuhnya berbasis cloud dan hosting, yang memungkinkan pengguna mengakses dan mengelola bisnis online dari mana saja, kapan saja, bahkan saat ditinggal bepergian. Bila Anda masih baru saja mulai bisnis berjualan online, bisa mencoba paket Lite atau gratis telebih dahulu.

Setelah memiliki omzet yang menguntungkan, barulah pindah ke paket berlangganan lain yang menawarkan fitur lebih lengkap lagi. Ada paket Basic, Business dan Enterprise. Anda bisa memilih harga yang ditagih secara tahunan maupun bulanan.

Menggunakan Plugo sebagai partner dalam memulai bisnis online adalah pilihan yang tepat. Platform ini memadukan marketplace dan website, yang tentunya lebih menguntungkan. Hanya dalam satu platform, Anda akan mendapatkan segala hal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online.

Dengan begitu, bisnis UMKM Anda bisa terus berkembang menyesuaikan teknologi yang ada. Tidak ada yang namanya bisnis terpuruk karena kalah saing dengan brand lainnya. Bagi yang berminat untuk memulai bisnis online, langsung saja kunjungi plugo.co. Bangun bisnis online dengan mudah bersama Plugo sekarang juga!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan