RadarBlitar.com – Bazar Blitar Djaman Doeloe atau yang terkenal menjadi Blitar Djadoel merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat melestarikan budaya.

Tidak hanya itu, bazar ini ingin membangkitkan akar jati diri sehingga secara tidak langsung mengedukasi masyarakat untuk tetap menjaga budaya. Kegiatan ini juga akan memunculkan image bahwa Blitar Djadoel hanya ada di Kota Blitar saja.

Menurut Walikota Blitar, Bazar Blitar Djadoel menjadi bentuk implementasi dari salah satu konsep tri sakti Bungkarno yakni konsep ketiga yang menyatakan kepribadian secara sosial budaya.

Dari kegiatan ini, maka muncul harapan agar seluruh masyarakat Kota Blitar bisa menerapkan konsep tri sakti dengan baik sehingga semua aktifitas selalu berakar dari kebudayaan.

Bazar Blitar Djadoel, Ikon Wisata Kota Blitar

Bazar Blitar Djadoel sudah menjadi ikon Kota Blitar. Hal ini karena seluruh lapisan masyarakat sudah hafal bahwa kegiatan ini memang rutin terselenggara sebagai perayaan hari jadi Kota Blitar.

Sejauh ini, pelaksanaan atau implementasi Bazar Blitar Djadoel sudah sukses mengubah penilain warga atau berhasil membentuk opini warga bahwa bazar ini akan selalu ada saat Kota Blitar merayakan hari jadinya.

Selain itu, perihal Bazar Blitar Djadoel dan pemakaian baju tempo dulu sering menjadi trending topik di media sosial. Pelaksanaan Bazar Blitar Djadoel biasanya terselenggara di Aloon-aloon Kota Blitar.

Selain menyajikan berbagai macam hiburan dan kuliner jaman dulu, kegiatan bazar ini juga akan tambah meriah dengan kehadiran raturan UKM yang menjual aneka kerajinan hasil dari seluruh kelurahan di Kota Blitar.

Bazar Blitar Djadoel menjadi event yang selalu masyarakat tunggu. Bahkan, kegiatan ini dapat menarik ratusan ribu pengunjung mulai dari pembukaan hingga hari terakhir. Luar biasanya lagi, Bazar Blitar Djadoel ini juga mampu memikat wisatawan dari luar daerah Kota Blitar, bahkan hingga luar pulau.

Menurut Walikota Blitar, dari mesin pencarian di media sosial, baik dari platform twitter, instagram, hingga facebook, banyak para wisatawan yang sangat menanti acara Bazar Blitar Djadoel ini.

Selain dari penelusuran melalui mesin pencarian google, Bazar Blitar Djadoel juga memperoleh penilaian positif dan menjadi salah satu kegiatan favorit para netizen. Hal ini pihaknya buktikan dengan pengunjung yang selalu ramai di setiap tahunnya.

Pelaksanaan Bazar Blitar Djadoel Setelah Covid-19

Dengan antusias masyarakat yang sangat luar biasa ini, pemerintah kota optimis bahwa Bazar Blitar Djadoel sudah melekat dan dekat di benak warga sebagai agenda tahunan yang wajib mereka kunjungi.

Keunikan bazar ini juga bisa membuatnya masuk dalam daftar wisata di Kota Blitar. Selain dapat meningkatkan kunjungan wisata, kegiatan ini juga bisa membantu menaikan perekonomian warga Blitar dengan cara mengenalkan produk UKM.

Tidak hanya itu, kegiatan tahunan ini juga menjadi kesempatan pemerintah kota bersama masyarakat untuk melestarikan budaya lokal dari zaman dulu hingga terkenal di generasi anak cucu nanti.

Berdasarkan keterangan dari Walikota Blitar, Santoso, jumlah pengunjung selalu melebihi target yang pemkot perkirakan. Beliau menambahkan bahwa semoga Bazar Blitar Djadoel ini bisa menjadi ikon wisata Kota Blitar yang selalu memiliki banyak peminat.

Kegiatan bazar ini sebenarnya sudah vakum 2 tahun akibat pandemi covid-19. Namun, karena jumlah penularan virus sudah mulai menurun, akhirnya Pemerintah Kota Blitar akan menyelenggarakan Bazar Blitar Djadoel di tahun 2022.

Menurut informasi yang sudah pemkot sampaikan, rencananya Bazar Blitar Djadoel akan terlaksana pada pada 17 sampai 21 Juni 2022 di Aloon-Aloon Kota Blitar. Jangan lupa mampir ya!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan