Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan penting dalam hidup manusia. Sebagai indera penglihat, mata memiliki bagian yang masing-masingnya memiliki fungsi tersendiri. Mata bekerja mendeteksi cahaya, lalu mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf.

Sistem kerja mata bisa dibilang cukup kompleks karena membutuhkan peranan dari bagian-bagian lain. Oleh sebab itu, penting sekali bagi kita untuk menjaga mata sehat, agar fungsi masing-masing bagian mata bisa berfungsi secara optimal.

Jika merasa penglihatan mulai menurun, jangan anggap remeh, ya! Tanpa penanganan yang tepat, kelainan atau gangguan pada mata akan membuat kita kesulitan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Berikut beberapa jenis gangguan mata yang perlu kita ketahui, di antaranya:

Rabun Jauh dan Dekat

Rabun jauh ialah kondisi ketika mata tampak samar melihat benda dalam jarak jauh. Umumnya, gangguan mata ini disebabkan oleh faktor genetik. Kebalikan dari rabun jauh, rabun dekat yakni ketika mata tampak samar melihat objek dari jarak dekat.

Penyebabnya juga sama akibat faktor genetik. Kita bisa mengatasi dua jenis gangguan mata ini dengan penggunaan kacamata, lensa kontak atau operasi laser mata (lasik).

Rabun Senja

Kelainan mata ini terjadi ketika seseorang tidak bisa melihat di tempat dengan pencahayaan yang buruk, tempat gelap atau di malam hari. Beberapa penyebab rabun senja masih bisa diatasi oleh dokter, termasuk katarak, kekurangan vitamin A dan rabun dekat.

Buta Warna

Seseorang mengalami buta warna apabila tidak bisa melihat warna tertentu. Atau karena tidak mampu membedakan satu warna dengan warna yang lain. Kondisi ini terjadi saat sel warna dalam mata tidak bekerja normal.

Kondisi buta warna umumnya seseorang derita sejak lahir. Namun, bisa juga berkembang pada usia dewasa akibat pengaruh obat-obatan atau dampak dari penyakit tertentu.

Glaukoma

Glaukoma ini merupakan penyakit gangguan pada saraf penglihatan akibat peningkatan tekanan di dalam bola mata. Peningkatan tekanan tersebut diperkirakan akibat tekanan darah tinggi, adanya sumbatan di saluran air mata atau penggunaan obat mata golongan kortikosteroid secara berlebihan.

Itulah beberapa gangguan mata yang bisa saja terjadi kepada kita. Selain mengonsumsi sayur dan buah dengan kandungan anti oksidan tinggi, kita juga bisa mengonsumsi vitamin mata Resvoplus.

Vitamin ini merupakan sumber anti oksidan seperti Resveratrol, Koenzyme Q10, berries extract dan masih banyak lagi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi Resvoplus 1 – 2 sachet per hari untuk mencegah gangguan mata. Kunjungi richnity.com untuk mengetahui lebih lanjut keunggulan dari Resvoplus atau produk kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan