Banyak masyarakat yang masih ragu ketika membeli asuransi secara online karena dianggap kurang aman. Padahal, kini sudah banyak situs jual beli asuransi online terpercaya dan terbaik yang kinerjanya diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Nah, supaya tidak salah pilih, yuk, simak tips membeli asuransi online di bawah ini.

Pengajuannya mudah

Perusahaan asuransi online biasanya memiliki tata cara pendaftaran dan proses pembelian yang mudah dan lebih dibanding agen asuransi. Lantaran, semuanya dilakukan via online sehingga calon nasabah asuransi yang berencana membeli asuransi tidak perlu lagi repot mendatangi perusahaan asuransi. Di samping itu, membeli asuransi secara online juga memberikan kemudahan pada nasabah yang ingin melakukan perubahan UP (Uang Pertanggungan) dan premi tanpa harus menutup polis ke perusahaan asuransi.

Perusahaannya kredibel

Pastikan memilih perusahaan asuransi yang kredibel karena asuransi ini nantinya akan Anda gunakan dalam waktu yang lama. Lantas, bagaimana mengeceknya? Dengan melihat pembayaran klaim pada nasabah, melihat kondisi keuangan perusahaan dengan Risk Based Capital (RBC) atau rasio solvabilitas. Biasanya, semakin besar RBC yang dimiliki perusahaan asuransi artinya perusahaan tersebut memiliki kondisi keuangan yang baik. OJK sendiri sudah memberikan ketetapan RBC minimal yang harus dimiliki perusahaan asuransi yaitu sekitar 120%.

Prosesnya cepat

Perusahaan asuransi online yang profesional dan terpercaya biasanya hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk proses pendaftaran asuransi yang diajukan oleh nasabah. Untuk itu, sebagai calon nasabah, Anda disarankan memilih perusahaan asuransi yang prosesnya cepat dan tidak memakan waktu lama ketika pengajuan asuransinya. Semakin cepat prosesnya tentu akan semakin cepat pula Anda terlindungi asuransi.

Transaksinya aman

Membeli asuransi via online tentunya lebih aman dibanding konvensional karena Anda tidak perlu bertatap muka dengan orang lain. Tinggal mencari perusahaan asuransi lewat perangkat digital Anda, kemudian lakukan pendaftaran, dan ajukan pembelian asuransi dengan premi yang sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu sampai pengajuan Anda diterima oleh pihak asuransi.

Memberikan proteksi terhadap diri sendiri dan keluarga, kini sudah semakin mudah dengan hadirnya asuransi online. Untuk itu, yuk, manfaatkan sebaik mungkin layanan asuransi online ini karena memberikan banyak kemudahan.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan