Psikotes banyak digunakan dalam proses penerimaan mahasiswa, pelamar kerja baik di pemerintahan maupun di perusahaan. Dari Hasil psikotes bisa diketahui potensi dan aspek-aspek yang kita miliki.

Sekarang banyak psikotes yang dilakukan secara online atau berbasis komputer. Selain menghemat kertas, dengan berbasis komputer hasil nilai dari tes ini lebih cepat keluar.  Psikotes online digunakan untuk menilai ketelitian, kecermatan, cara menentukan sebab akibat dan mengetahui kemampuan kita.

Dalam melakukan psikotes, biasanya pertanyaannya beraneka ragam. Tergantung dari permintaan perusahaan atau lembaga yang akan melakukan rekruitmen. Sebenarnya apa saja jenis dari psikotes? Inilah beberapa jenis Tes Psikotes yang mesti kita ketahui.

Tes Logika Aritmatika

Dalam tes ini terdapat deretan angka yang harus dipecahkan. Pada saat kita sekolah pasti mengetahui pelajaran matematika tentang deretan. Untuk mengerjakan soal ini, sebaiknya kita paham terlebih dahulu pola dari soal, misalnya pola pembagian, perkita atau persentase.

Tes Verbal

Tes verbal dilakukan untuk mengetahui kemampuan kita dalam berbahasa. Pada tes ini biasanya mencari sinonim kata, antonimnya ataupun hubungan kata. Dengan mengikuti tes ini, kita bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita di bidang kebahasaan.

Psikotes Spasial

Tes ini bertujuan mengetahui kemampuan imajinasi yang kita miliki. Soal pada tes ini adalah bangun ruang dan kita harus memahami dengan teliti setiap bangun ruang. Umumnya tes ini berkaitan erat dengan matematika.

Personal Preference Schedule Test

Personal preference schedule test bertujuan mengetahui kepribadian kita, dengan soal pernyataan A atau B. Pernyataan yang diberikan akan menggambarkan kebiasaan atau kepribadian kita. Kita cukup memilih sesuai dengan kepribadian kita.

Pauli Test atau Kraepelin

Tes ini sering disebut tes Koran.  Bertujuan mengetahui kemampuan berkonsentrasi, ketelitian dan kemampuan menyesuaikan diri. Pada tes ini kita harus menyelesaikan penjumlahan deretan angka yang tersusun vertikal dengan perhitungan sederhana. Mungkin pada tes ini akan cukup menguras konsentrasi dengan banyaknya deretan angka yang harus dijumlahkan .

Draw Man Test

Pada tes ini tujuannya mengetahui karakter dan kepribadian kita, tes ini juga menilai kemampuan kita dalam mengambil keputusan. Soal untuk tes ini cukup sederhana, kita akan diminta menggambar sesuai dengan kemampuan kita.

Sebagian dari kita mungkin sangat tidak asing dengan jenis psikotes diatas? Jika kita akan masuk ke perguruan tinggi tentunya psikotes menjadi tes  yang harus dikerjakan. Jenis tes di atas juga dilakukan saat tes minat bakat jurusan kuliah. Dengan tes tersebut akan memudahkan kita dalam memilih jurusan yang sesuai dengan passion kita.

Itulah artikel tentang beraneka ragam  Psikotes. Jika kita ingin mencoba psikotes online dirumah kita bisa mengunjungi nsd.co.id, dengan beraneka psikotes. NS Development juga menawarkan sesi konseling yang tentunya sangat membantu kita mengetahui kepribadian juga bakat dan minat kita.

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan