Perkembangan bisnis keuangan di Indonesia cukup signifikan. Hal ini berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan kemudahan bertransaksi. Jenis layanan keuangan pun terus bertambah sehingga pengguna mempunyai banyak pilihan berdasarkan kebutuhan. Anda pun bisa membayar berbagai transaksi tanpa harus mengeluarkan uang cash.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dalam bidang keuangan memudahkan semua orang untuk melakukan transaksi. Jika dulu untuk membayar belanja barang dan jasa, pembeli harus bertemu dengan penjual dan menyerahkan uang secara langsung, sekarang justru lebih banyak yang memilih jenis transaksi cashless atau tanpa menggunakan uang cash.

Jenis Layanan Keuangan

Keuangan digital menjadi cara bertransaksi yang banyak digunakan karena mudah, praktis, cepat dan aman. Anda bisa melakukan pembayaran kapan saja, bahkan bisa menikmati pelayanan seolah mempunyai manajer keuangan pribadi sebab semua transaksi dan pengecekan bisa dilakukan secara langsung dalam satu aplikasi.

Dengan menggunakan keuangan digital, Anda bisa melakukan transaksi tanpa batas meski di hari libur. Jadi tidak perlu menunda berbagai keperluan dengan alasan tidak mempunyai uang cash atau karena kantor bank sedang tutup. Jenis layanan keuangan yang bisa menjadi pilihan diantaranya adalah:

1. E-Wallet

E-Wallet merupakan jenis dompet digital yang banyak digunakan. Pilihan aplikasi yang banyak digunakan pun beragam seperti DANA, Gopay, OVO, LinkAja, ShopeePay dan lainnya. Untuk bertransaksi dengan E-Wallet juga sangat mudah. selama tersedia saldo dan ada jaringan internet, Anda bisa bertransaksi kapan saja dan dimana saja.

Masing-masing menyedia layanan E-Wallet mempunyai ketentuan yang berbeda, baik cara, batas transaksi dan ketentuan lainnya. Karena itu sebaiknya Anda mengetahui dengan pasti berbagai ketentuan tersebut agar bisa memanfaatkan layanan keuangan tanpa hambatan.

2. E-Money

Pilihan kedua yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi tanpa uang adalah E-Money. E-Money merupakan uang yang tersimpan secara digital dalam sistem elektronik dengan komputerisasi perbankan. Anda bisa menggunakan Flash dari BCA, Mandiri E-Money dari Bank Mandiri dan Brizzi dari BRI.

Jika saldo dalam sistem elektronik tersebut habis, maka Anda bisa segera mengisi melalui bank penerbit. Karena dikeluarkan oleh Bank yang sudah berpengalaman dalam memberikan pelayanan keuangan di Indonesia, pengguna dapat bertransaksi dengan aman dan tenang.

3. QRIS

QRIS merupakan jenis transaksi keuangan digital yang banyak menjadi pilihan pengusaha maupun konsumen karena praktis dan cepat. Sistem yang digunakan juga amans ehingg Anda yang bertransaksi menggunakan QRIS tidak perlu was-was.

Untuk melakukan pembayaran, Anda hanya perlu melakukan scan barcode yang tersedia melalui fitur yang ada dalam smartphone. Bagi pengusaha, penggunaan QRIS sangat meringankan pekerjaan, terutama dalam pembukuan dan keuangan karena tidak perlu mencatat dan menghitung secara manual.

4. Virtual Account

Virtual Account atau VA merupakan kode khusus yang disediakan oleh pemberi layanan transaksi keuangan sehingga proses pembayaran lebih cepat. Pemilik usaha tidak perlu melakukan pengecekan satu per satu dari semua transaksi yang diterima karena setiap pembayaran melalui VA langsung dapat diketahui asalnya.

Begitu juga dengan konsumen, bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan membayar melalui virtual account. Salah satunya adalah meminimalkan resiko kesalahan transfer sebab transaksi hanya bisa dilakukan dengan jumlah yang sudah ditentukan tersebut.

5. Paylater

Saat ini untuk berbelanja tidak harus mempunyai banyak uang. Bahkan tanpa melakukan pembayaran Anda bisa mendapatkan barang dan jasa dengan mudah. Sedangkan pihak yang akan membayarkan adalah penyedia layanan Paylater. Anda hanya perlu membayar nanti pada saat jatuh tempo sesuai dengan ketentuan yang disepakati sebelumnya.

Saat ini perusahaan yang memberikan pelayanan Paylater terus bertambah. Namun Anda harus berhati-hati dalam bertransaksi agar tidak terjebak dalam utang dan bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari fasilitas tersebut.

6. Fintech Lending

Financial Technology merupakan perkembangan teknologi keuangan yang bisa dinikmati semua masyarakat yang memenuhi persyaratan dari perusahaan keuangan. Anda bisa mendapatkan fasilitas pembayaran dengan cara yang mudah melalui berbagai jenis fintech lending.

Selain itu, Anda juga bisa mengajukan pinjaman modal untuk memulai dan mengembangkan usaha. Berdasarkan penggunaan, anda dua jenis pelayanan yang diberikan oleh fintech Lending, yaitu konsumtif atau untuk memenuhi kebutuhan hidup dan produktif atau untuk membuka dan mengembangkan usaha.

7. Crowdfunding

Seperti namanya, crowdfunding adalah layanan pengumpulan dana untuk pemanfaatan tertentu. Dalam prakteknya, ada tiga jenis crowdfungding yang oleh masyarakat dikenal dengan istilah urun dana tersebut, yaitu donasi, hadiah, ekuitas.

Jenis pelayanan keuangan ini banyak digunakan untuk kepentingan sosial dengan mengumpulkan dana dan memberikan bantuan kepada pihak yang membutuhkan. Biasanya dalam aplikasi tersedia fitur yang memudahkan proses pengecekan transaksi yang berlangsung.

Salah satu Perusahaan keuangan yang banyak menyediakan pilihan cara bertransaksi adalah Fazz. Fazz melayani pengguna di Indonesia maupun Asia Tenggara sehingga bisa meningkatkan kecepatan dan keamanan dalam bertransaksi. Layanan keuangan digital dari Fazz dirancang khusus untuk pelanggan agar nyaman dan mudah digunakan.

Dengan biaya operasional yang rendah, Fazz juga dapat menawarkan biaya perbankan yang lebih rendah dan suku bunga yang lebih tinggi daripada bank konvensional sehingga sangat menguntungkan bagi pemilik bisnis.

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *