Dalam dunia industri berat, keselamatan barang merupakan suatu hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, butuh berbagai alat pendukung seperti salah satunya adalah thimble. Pada dasarnya, thimble ialah alat yang berfungi menjaga wire rope saat mengalami tarikan atau hentakan.

Thimble ini biasanya dimanfaatkan untuk menopang mata pada wire rope untuk menciptakan permukaan aus yang tahan lama saat dihubungkan kepada perangkat keras rigging. Berikut ini adalah beberapa kelebihan wire rope dengan menggunakan thimble, antara lain:

  • Mencegah tali supaya tidak berjumbai dan membuat permukaan aus jadi tahan lama.
  • Mempertahankan bentuk mata dan menahan benturan.
  • Bisa digunakan degan swage sleeves, klem tali kawat atau klip tali kawat u-bolt.
  • Bisa memperpanjang umur wire rope sling dan wire rope eye.

Dengan beberapa kelebihan di atas, bisa disimpulkan bahwa merangkai mata thimble tali kawat  (wire rope) mampu menambah daya tahan tali kawat karena adanya tambahan lapisan yang mendukung beban pada wire rope.

Maka dari itu, kita disarankan untuk melakukan perhitungan secara matang untuk menentukan mata wire rope karena sangat bergantung terhadap daya tahan, fungsi, tujuan penggunaan dan juga kekuatan.

Jenis-Jenis Thimble

Thimble memiliki berbagai jenis sesuai fungsinya, seperti berfungsi di bagian lifting, towing dan sebagainya. Namun, umumnya jenis-jenis tersebut diproduksi untuk membedakan terkait aplikasinya termasuk ringan atau berat. Berikut uraiannya.

Biasa

Jenis biasa ini biasanya diaplikasikan pada penggunaan ringan, contoh untuk bongkar muat barang. Jadi, tidak ada struktur khusus dan cukup mudah kita aplikasikan saat bekerja.

Heavy

Jenis thimble selanjutnya adalah heavy. Sesuai namanya, alat ini lebih diperuntukkan pada pengaplikasian yang lebih berat.

Solid

Pada jenis ini, material pembuatannya menggunakan Cast Ductile Iron. Material tersebut merupakan bahan yang mempunyai karakter yang lebih keras dibandingkan dengan jenis lainnya. Oleh karena itu, biasanya alat ini sering dipakai di pendant crane.

Galvanis

Galvanis ini biasanya diterapkan pada benda yang rawan berkarat. Selain jenis ini, ada beberapa jenis lain seperti stainless steel 104 atau 306 yang memiliki fungsi serupa untuk rawan korosi.

Itulah beberapa jenis thimble yang perlu kita ketahui, apalagi yang bekerja di bidang industri. Untuk mendapatkan thimble berkualitas, tentunya kita harus memilih tempat jual thimble yang terpercaya. Mega Jaya sebagai lifting equipment specialist bisa menjadi pilihan.

Selain berkualitas, Mega Jaya juga memiliki banyak promo yang pastinya membuat pelanggan lebih puas. Cek informasi selengkapnya di laman megajaya.co.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *