Kini topik berasal dari berita teknologi yang membahas mengenai perkembangan TV di Indonesia. Pemerintah secara bertahap menghentikan siaran TV analog dan bermigrasi menuju siaran TV digital.

Oleh sebab itu, pemerintah menghimbau masyarakat untuk segera berpindah ke TV digital. Masyarakat bisa memasang set top box atau STB untuk TV lama atau mengganti dengan TV digital model terbaru.

Lalu, apa sebenarnya perbedaan antara TV Analog dan TV Digital tersebut? Berikut ini pembahasannya. Simak dengan baik, ya!

Sinyal yang Terpancar

Hal pertama yang membedakan TV analog dan TV digital adalah sinyal yang terpancar dari kedua sisaran tersebut. TV analog hanya mampu memancarkan sinyal analog saja, tetapi TV digital bisa memproses sinyal digital dan analog sekaligus.

Sinyal pada TV analog hampir mirip dengan sinyal pada radio. Pada TB analog, sinyal video masih tertransmisi dalam AM, sedangkan audionya tertransmisi dalam FM. Sinyal bisa mengalami berbagai masalah tergantung dengan jarak dan letak geografis TV yang mendapatkan sinyal.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan TV digital yang sudah tertransmisi sebagai bit data informasi seperti data yang ada pada CD atau DVD.

Kualitas Gambar yang TV Hasilkan

Kualitas gambar juga menjadi salah satu perbedaan antara TV analog dan TV digital. Kualitas gambar TV analog terpengaruh pada jarak pemancar. Hal ini berbeda dengan TV digital yang tidak terpengaruh dengan jarak pemancar.

Selain itu, TV analog menggunakan tabung sinar katoda sebagai tampilannya, sedangkan TV digital memanfaatkan layar panel datar seperti plasma, LCD, atau LED. Bahkan, TV digital juga mempunyai kualitas gambar tinggi sampai 720p/1080 atau sudah kualitas High Definition (HD).

Pemancar TV

TV Analog tergantung dengan jarak stasiun pemancar TV. Oleh sebab itu, semakin jauh jarak staisun pemancar televisi dengan antena penangkap, maka semakin lemah pula sinyal yang tertangkap. Sehingga, gambar menjadi bersemut dan buram. Sementara, TV digital tidak terpengaruh jarak pemancar.

Fitur

TV analog tidak mempunyai fitur canggih apapun, sedangkan pada TV digital ada layanan interaktif dan jadwal acara yang sudah atau akan tayang yang memiliki istilah Electronic Porgram Guide.

Apakah kamu sudah beralih ke TV digital? Jika belum, segaralah bermigrasi untuk pengalaman menonton TV yang lebih baik.

Apabila kamu ingin membaca lebih banyak artikel teknologi untuk mengetahui perkembangan dunia teknologi masa kini. Silakan kunjungi ninjatekno.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan