RadarBlitar.com – Jawa Timur memang sudah terkenal dengan segudang kulinernya yang menggunggah selera. Sala satu kota yang terkenal dengan kuliner unik dan sedapnya adalah Blitar. Tidak hanya pecel, Blitar juga memiliki sajian yang cocok untuk kamu nikmati saat cuaca terik di siang hari.

Sajian itu adalah es pleret. Dengan nama yang unik, menu es yang satu ini memang sangat cocok untuk menghilangkan dahaga. Es asal Blitar ini mempunyai isian berupa dawet dan bola-bola berwarna merah putih serta bercita rasa manis.

Bola berwarna merah dan putih inilah yang orang Blitar kenal sebagai Pleret. Penasaran dengan es yang satu ini? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Es Pleret, Minuman ‘Legend’ dari Blitar

Berdasarkan kepercayaan warga asli Blitar, nama Pleret ini berasal dari nama tokoh masyarakat setempat yang bernama Kyai Pleret.

Sebenarnya, penemuan pertama kali es pleret ini belum begitu jelas. Akan tetapi, menurut salah satu pedagang es pleret,  sajian yang menyegarkan ini memang sudah ada di Blitar sejak lama.

Bahkan, Sukarminingsih, salah satu pedagang mengaku sudah berjualan es pleret sejak 1987 dan es ini telah ada jauh sebelum beliau berjualan.

Menurut sepengetahuan dari Sukarminingsih, asal usul nama es pleret ini muncul karena proses pembuatan bulatan warna merah dan putih tersebut dengan cara dipleret.

Proses pembuatannya hampir mirip dengan pentol bakso, namun tidak memiliki isian alias kopong di dalamnya. Bahan dasar untuk membuat pleret adalah tepung beras.

Biasanya pedangang es pleret akan memberikan warna merah, putih, atau hijau untuk meningkatkan daya tarik para pembeli.

Hal yang membuat es pleret memiliki cita rasa manis khas, es ini tersaji dengan gula jawa yang sudah cair atau orang sekitar menyebutnya dengan juruh. Juruh merupakan bahan pemanis alami untuk minuman.

Setelah pleret jadi, es pleret diberi juruh dan kuah santan untuk menambah rasa gurih pada sajian yang satu ini. Agar lebih segar sebagai penghilang dahaga, ada tambahan potongan es batu juga.

Biasanya, beberapa penjual es pleret di Blitar melakukan sedikit kombinasi terhadap minuman yang satu ini. Mereka bisa menambahkan bahan lain seperti dawet, serabi, cendol, mutiara, atau bahan lainnya yang membuat cita rasa es pleret semakin nikmat dan kompleks.

Umumnya, orang yang menikmati es pleret merupakan orang yang suka dengan rasa atau sensasi manis dari juruh atau gula jawa. Kamu bisa merasakan manis gula jawa saat menggigit bola pleretnya. Manis berpadu dengan gurihnya santan membuat es ini semakin nikmat dan banyak penggemar.

Tidak perlu khawatir, kamu bisa menjumpai pedagang es pleret di beberapa tempat di Blitar. Misalnya daerah sekitar Alun-Alun Kota Blitar baik bagian barat maupun selatan, wilayah Kebon Rojo Blitar, dan area tempat wisata Makam Bung Karno.

Harga minuman ini tidak akan menguras kantongmu, kok. Minuman yang menyegarkan dan manis khas Blitar ini cukup terjangkau, dengan Rp5.000 saja kamu sudah bisa mencicipi nikmatnya es pleret ini.

Apabila berkunjung di Blitar, tidak akan lengkap rasanya jika belum mencicipi minuman yang terkenal di Blitar ini.

Jadi, apabila sedang berwisata atau berlibur di wilayah Kota Blitar, jangan lupa untuk mencicipi es pleret khas Blitar. Ajak rekan dan keluarga untuk menikmati segarnya es yang satu ini, ya!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan