Biasanya, Anda menggunakan flashdisk atau hardisk eksternal untuk menyimpan semua data penting. Namun, perangkat keras tersebut rawan terkena virus yang menyebabkan data-data di dalamnya tidak bisa dibuka.

Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menyimpan data penting, sebab telah hadir cloud server terbaik di Indonesia yakni media penyimpanan online yang telah menggunakan teknologi komputasi awan. Cukup menggunakan gadget seperti smartphone, tablet, laptop dan jaringan internet, Anda sudah bisa melihat atau mengunduh data yang tersimpan dengan mudah.

Sebagai media penyimpanan virtual berbasis internet, tentunya cloud ini tidak luput dari ancaman para hacker profesional. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas bagaimana cara mengamankan cloud server Anda agar data-data di dalamnya tetap bisa diakses. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Melalui Backup Data

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan backup data. Backup merupakan cara yang paling tepat untuk membuat salinan atau cadangan file penting. Jadi, apabila file yang asli hilang atau rusak, Anda masih bisa menggunakan data cadangan pada media penyimpanan lainnya.

Banyak sekali penyimpanan untuk backup data yang bisa Anda pilih, di antaranya One Drive, Google Drive dan Drop Box. Anda juga bisa melakukan backup secara manual, seperti menggunakan flashdisk atau thumb drive. Penyimpanan dalam perangkat keras ini juga bermanfaat ketika Anda hendak mengakses data namun tidak ada koneksi internet.

Tidak Menyimpan Data atau Informasi yang Sensitif

Sebelum melakukan penyimpanan, ada baiknya Anda melakukan filter data atau informasi. Meski sudah menggunakan sistem cloud computing yang aman, Anda harus tetap berhati-hati dalam menyimpan data atau informasi penting dalam cloud.

Pengguna internet dari belahan negara mana pun, mampu mencari informasi yang sama dan saling terhubung. Oleh karena itu, jangan simpan file atau data yang bersifat pribadi atau sensitif dalam cloud. Hal ini bertujuan untuk menghindari orang-orang tidak bertanggung jawab yang ingin mencuri data penting.

Gunakan Pasword Metode Two Step Verification

Kunci utama dalam keamanan data dalam cloud ialah password. Anda harus membuat garis pertahanan kuat ini sangat kuat agar terhindar dari hacker maupun cracker. Jangan menggunakan password yang mudah ditebak atau telah digunakan oleh banyak orang.

Selain membuat password yang unik dan kuat, Anda juga perlu melakukan pembaruan password secara rutin. Anda bisa menggunakan metode two step verification yang sangat direkomendasikan untuk menjamin keamanan data-data dalam cloud.

Pilih Layanan Cloud yang Menyediakan Enkripsi Data

Menyambung dari poin kedua, apabila Anda harus menyimpan data atau informasi sensitif dalam cloud sebaiknya perlu melakukan enkripsi data terlebih dahulu. Carilah sebuah layanan sewa cloud server terbaik di Indonesia yang menyediakan fitur enkripsi lokal data. Layanan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan ganda terhadap data yang akan Anda unggah.

Setelah data telah terenkripsi dengan baik, Anda bisa mengunggah atau mengunduh data tersebut jika dibutuhkan tanpa perlu merasa was-was lagi. Cara ini juga mengacu pada ketentuan standar militer AES atau Anvanced Encryption Standard.

Selain cara-cara di atas, Anda juga perlu melakukan update secara berkala untuk mencegah terjadinya hacking atau data yang terserang virus. Percayakan keamanan data-data dalam cloud server pada CBNCloud.

Jasa penyedia cloud server terbaik Indonesia yang telah berpengalaman ini, dapat diandalkan, dan juga telah memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Informasi lebih lanjut, bisa kunjungi website cbncloud.co.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan