Rehabilitasi adalah sebuah sarana yang bisa dilakukan bagi seseorang yang mengalami kecanduan narkoba. Tentu saja tujuan utama melakukan rehabilitasi agar membantu pasien dengan kecanduan narkoba bisa pulih kembali.

Harapannya agar para pasien setelah pulih bisa melakukan lagi fungsinya sebagai masyarakat yang normal dan punya kehidupan sosial seperti sedia kala.

Tujuan Melakukan Rehabilitasi

Berikut ini berbagai tujuan dilakukannya rehabilitasi yang wajib diketahui oleh masyarakat.

Tujuan  Rehabilitasi Jangka Pendek

Adapun melakukan rehabilitasi memiliki tujuan umum yaitu mengembalikan pecandu narkoba untuk lebih normal dan punya kehidupan yang baik, di tengah keluarga dan masyarakat. Melakukan rehabilitasi untuk jangka pendek tujuannya adalah dapat mengembalikan rasa percaya diri mantan pecandu.

Dan tentu saja diharapkan bisa menghilangkan kecanduan bagi para pasien. Dari segi sosial, tujuan jangka pendek rehabilitasi adalah mengembalikan harga diri si pasien ini kembali.

Tujuan Rehabilitasi Jangka Panjang

Tujuan rehabilitasi jangka panjang adalah membantu pasien agar bisa beraktivitas seperti sedia kala tanpa alat bantu kesehatan sama sekali. Melakukan rehabilitasi dari sisi sosial memberikan dampak, korban bertanggung jawab pada penyalahgunaan narkoba. Dan tujuan jangka panjangnya juga diharapkan bahwa mantan pecandu narkoba ini tidak kembali lagi menggunakan narkoba di masa yang akan datang.

Tujuan Rehabilitasi Secara Medis

Selain tujuan untuk jangka panjang dan pendek, ada juga tujuan rehabilitasi secara medis. Dimana dari teknik secara medis melakukan rehabilitasi dapat membantu untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh pasien.

Cara melakukannya adalah dengan menggunakan sistem detoksifikasi dengan melakukan pemasungan pasien. Biasanya metode secara medis ini dapat membuat gejala sakau atau gejala putus obat.

Cara kedua bisa pula dilakukan dengan mengeluarkan racun menggunakan metode alternatif. Umumnya dilakukan metode terapi seperti terapi godok. Adapun terapi ini dengan memasukkan pasien ke wadah air hangat yang sudah dicampur rempah-rempah.

Juga terapi lain yaitu pengobatan alternatif dengan terapi pijat. Detoksifikasi juga bisa dilakukan dengan sistem pengobatan kedokteran modern. Biasanya cara ini dilakukan dengan memaksa pasien narkoba untuk lepas dari ketergantungan lewat tenaga medis dengan melakukan monitor, gunakan medis sesuai kebutuhan pengguna.

Jadi itu tadi beberapa tujuan rehabilitasi baik untuk jangka pendek, jangka panjang maupun secara teknis medis. Namun perlu dipahami bahwa semua tujuan rehabilitasi merujuk kepada bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membuat pengguna narkoba bisa lepas dari jeratan narkoba dan bisa pulih kembali.

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan