Kesehatan adalah aspek penting dalam kehidupan. Salah satu hal penting yang seringkali menjadi perhatian adalah pemilihan obat yang tepat. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli obat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara seksama.

Metode Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa) adalah panduan praktis untuk memastikan bahwa obat yang Anda beli aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Kemasan

Kemasan obat memegang peranan penting dalam mempertahankan kualitas dan keamanan obat. Pastikan kemasan obat tidak rusak, penyegelan masih utuh, dan tidak ada tanda-tanda manipulasi sebelumnya.

Kemasan yang baik akan melindungi obat dari paparan sinar matahari langsung dan kelembaban yang dapat merusak kualitasnya. Selain itu, pastikan juga bahwa kemasan tersebut sesuai dengan informasi yang tertera di dalamnya.

Label

Membaca label obat dengan cermat sangat penting. Label harus mencakup informasi penting seperti nama obat, komposisi aktif dan tambahan, dosis, cara penggunaan, dan efek samping yang mungkin terjadi.

Pastikan untuk memeriksa tanggal produksi dan kedaluwarsa obat. Selain itu, perhatikan juga instruksi penyimpanan yang tepat agar obat tetap efektif dan aman digunakan.

Izin Edar

Sebelum membeli obat, pastikan obat tersebut memiliki izin edar dari lembaga yang berwenang. Di beberapa negara, obat harus lolos uji keamanan dan kualitas serta mendapatkan sertifikasi sebelum diizinkan beredar di pasaran.

Memastikan bahwa obat memiliki izin edar adalah langkah penting untuk menghindari obat palsu atau obat yang tidak terjamin keamanannya.

Kedaluwarsa

Obat yang kadaluwarsa dapat menjadi bahaya bagi kesehatan Anda. Kedaluwarsa bisa mengubah sifat kimia obat dan membuatnya tidak lagi efektif atau bahkan menjadi beracun.

Pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa obat sebelum membelinya. Hindari menggunakan obat yang telah melewati tanggal kedaluwarsa, meskipun terlihat masih dalam kondisi baik.

Membeli obat dengan bijak adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan Anda. Dengan menggunakan metode Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa), Anda dapat memastikan bahwa obat yang Anda beli aman, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan.

Jangan ragu untuk bertanya kepada apoteker atau tenaga kesehatan profesional lainnya, jika Anda memiliki keraguan tentang obat yang akan Anda beli.

Kesehatan Anda adalah investasi terpenting, jadi pastikan untuk memilih obat dengan hati-hati. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap dan akurat seputar obat-obatan atau kefarmasian, silakan kunjungi laman pafimuntok.org. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan