Dalam dunia bisnis, banyak sekali strategi marketing atau pemasaran yang bisa diterapkan pada suatu produk. Setiap strategi yang diterapkan tentunya memiliki hasil yang berbeda, sesuai dengan tujuannya. Salah satu strategi promosi bisnis yang biasa digunakan adalah video marketing.

Strategi pemasaran ini memanfaatkan video sebagai media promosi suatu produk maupun layanan. Video marketing pastinya melibatkan media digital dan online dalam publikasinya. Hal ini bisa menjadikan produk atau layanan yang bisnis kita promosikan akan dikenal banyak orang, sehingga meningkatkan brand awareness.

Sebelum membuatnya, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis video marketing untuk promosi bisnis sebagai berikut:

Video Animasi

Kita bisa membuat video marketing dalam format animasi. Dengan adanya video animasi ini, akan memudahkan kita dalam menjelaskan hal-hal abstrak pada produk atau bisnis.

Video dalam bentuk animasi juga bisa menarik perhatian konsumen karena bisa dibuat seperti film animasi pendek.

Video Demo Produk

Video demo produk kerap dinarasikan dengan penuh semangat oleh pembawa acara yang sangat karismatik dan terkadang dibuat dalam bentuk animasi. Dalam video demo, akan menampilkan fitur dan manfaat produk atau layanan (tidak termasuk detail cara kerjanya).

Video Event

Selanjutnya, ada video event yang menampilkan konferensi, penggalangan dana, diskusi dan sejenisnya. Jenis video marketing ini mencakup seluruh acara. Atau hanya berfokus pada aspek tertentu melalui liputan khusus, presentasi dan wawancara.

Video Explainer (Penjelasan)

Jenis video marketing lainnya adalah video explainer atau penjelasan. Video explainer memiliki format yang sederhana dan lugas. Adanya video ini akan membantu audiens untuk memahami mengapa mereka membutuhkan produk dan layanan bisnis kita.

Video explainer sering mengikuti formula standard untuk menyajikan cerita di mana pembeli mengalami suatu masalah, dan solusinya terletak pada produk atau layanan bisnis.

Video Live

Jika jenis video marketing sebelumnya harus diedit terlebih dahulu, namun untuk video live biasanya menampilkan event secara langsung. Kita bisa mencoba menerapkan live video dengan menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, Youtube dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis-jenis video marketing sebagai strategi promosi produk atau bisnis. Bagi yang ingin membuat video marketing secara profesional, bisa menggunakan jasa dari videos.id. Mereka juga melayani produksi video explainer dan video animasi profesional untuk individu, startup, organisasi hingga perusahaan di berbagai bidang industri.

Videos.id akan membantu mulai dari proses pengonsepan, produksi hingga proses editing. Kunjungi website videos.id untuk mengetahui informasi lebih jelasnya. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan