RadarBlitar.com – Bakso merupakan makanan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Namun, apakah penah terfikirkan bahwa bakso bisa disajikan dalam mangkuk berupa batok kelapa?

Ya, bakso yang satu ini merupakan bakso unik yang tersaji dalam degan atau kelapa muda. Menu ini menawarkan rasa yang gurih, kenyal, dan sedap.

Sajian yang biasa disebut bakso degan atau bakso kelapa muda ini bisa Anda jumpai di sebuah warung makan milik Jumadi Jalan Cisadane, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Rahasia Dibalik Bakso Kelapa Muda

Sajian unik ini membuat warung makan pria asal Ponorogo tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Sensasi rasa bakso yang tidak pernah ada sebelumnya membuat banyak orang penasaran dengan rasanya.

Sebelum bakso tersaji, pria umur 35 tahun tersebut memilih degan atau kelapa muda untuk beliau jadikan mangkok bakso.

Kelapa yang Jumadi gunakan tidak sembarangan. Hal ini karena buah degan atau kelapa muda sangat menentukan kualitas rasa daging buah kelapa yang akan berpadu dengan kuah kaldu sapi.

Bahkan, Jumadi mengaku untuk proses pemilihan kelapa yang akan mereka gunakan sebagai mangkuk bakso harus melalui beberapa eksperimen lebih dulu.

Awalnya, kelapa yang dipilih sedikit tua. Kemudian, bagian atas batok kelapa dibuka dengan membentuk lubang dan Jumadi mengeluarkan semua airnya. Selanjutnya, memasukan beberapa pentol bakso, siomai, tahu, dan kuah bakso berkaldu yang masih panas.

Itulah cara membuat bakso degan atau kelapa muda. Daging kelapa muda bisa dikerok dengan alat yang sudah disediakan oleh warung.

Tekstur daging buah kelapa yang masih kenyal dan manis berpadu dengan kuah bakso sapi yang gurih. Pastinya, akan ada sensasi sedap dan unik saat menyantapnya.

Testimoni Pelanggan Terkait Cita Rasa Bakso ‘Degan’

Menurut sang pedagang, Jumadi, jualan bakso dengan konsep seperti ini merupakan idenya sendiri. Dengan adanya inovasi ini beliau berharap jualannya bisa berbeda dengan penjual yang lain. Selain itu, degan sendiri juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Jumadi memberi harga satu porsi bakso kelapa muda sebesar Rp18.000. Harga itu sudah termasuk air kelapa muda yang disajikan dengan es batu dan cairan gula. Pastinya sangat terjangkau dan puas jika menyantapnya di siang hari.

Menu bakso degan atau bakso kelapa muda ini ternyata sudah Jumadi jual selama delapan bulan. Meskipun terbilang masih baru, namun banyak warga Blitar yang tertarik dan minat untuk mencobanya.

Salah satu pelanggan bernama Fellania mengatakan bahwa awalnya dia penasaran dengan rasa bakso yang disajikan dalam kelapa muda utuh tersebut.

“Ternyata sangat segar. Rasa daging buah kelapa ini sangat menyatu sama kuah bakso yang bercita rasa gurih. Rasa daging degannya seperti kikil sapi gitu. Cobain aja deh, ini itu tidak bisa terjelaskan dengan kata-kata kalau tidak merasakannya sendiri” kata Fellania.

Maka dari itu, tidak heran jika setiap harinya Jumadi bisa menjual bakso kelapa muda sebanyak seratus porsi.

Menurut pelanggan lain yang bernama Novia Azizah, sensasi nikmat muncul saat daging kelapa muda masuk dalam kuah bakso. “Ada sensasi rasa manis dari kelapanya. Terus berpadu dengan bakso yang gurih. Jadi rasanya unik banget, belum ada yang seperti ini” kata Novia.

Nah, apakah Anda sudah mulai penasaran dengan keunikan bakso degan ini? Jika iya, silakan kunjungi warung makan milik Bapak Jumadi di Jalan Cisadane, Kota Blitar bersama rekan atau keluarga Anda. Selamat menikmati!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan