Setiap pekerjaan memiliki risikonya masing-masing. Contohnya seperti pekerjaan yang melibatkan alat-alat berat atau berada di ketinggian, kedalaman dan beberapa pekerjaan lain yang berisiko tinggi. Tindakan preventif untuk tingginya risiko tersebut ialah dengan membekali para pekerja dengan pengetahuan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Selain itu, perusahaan juga perlu membuat sistem yang tepat supaya pekerja mampu bekerja secara produktif sekaligus merasa aman dan nyaman. Sebab, apabila terjadi kecelakaan kerja, perusahaan turut andil dalam kerugian yang besar yang merambah ke masalah hukum.

Hal ini karena pemerintah telah menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Berikut ini adalah manfaat mengikuti pelatihan K3 bagi pekerja maupun perusahaan. Yuk langsung disimak!

Meningkatkan Keterampilan yang Bisa Mengurangi Kecelakaan Kerja

Bagi pekerja yang telah mengikuti pelatihan K3 dan memiliki sertifikasinya, tentu saja mempunyai bekal pengetahuan yang lebih dibandingkan pekerja yang belum pernah ikut sama sekali.

Dari pengetahuan ini, akan menciptakan keterampilan untuk bisa bekerja dengan aman selama di tempat kerja, sehingga bisa terhindar dari kecelakaan kerja. Dengan begitu, pekerja bisa bekerja lebih produktif dan perusahaan juga ikut diuntungkan.

Mengurangi Pergantian Pekerja dan Biaya Kompensasi Kecelakaan Kerja

Masih menyambung dari poin sebelumnya, potensi kecelakaan kerja bisa berkurang jika para pekerja telah memiliki pengetahuan untuk bekerja dengan benar dan aman.

Ketika tidak ada kecelakaan kerja, maka kebutuhan perusahaan dalam mengganti pekerja (replacement) otomatis tidak diperlukan. Selain itu, juga bisa mengurangi biaya kompensasi yang dikeluarkan jika terjadi kecelakaan kerja.

Meningkatkan Produktivitas dan Kepuasan Kerja

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, adanya pelatihan K3 akan membuat para pekerja paham bagaimana cara bekerja yang aman. Hal ini tentu berpengaruh pada meningkatnya produktivitas kerja secara keseluruhan di perusahaan.

Tidak ada pekerjaan yang tertunda karena adanya kecelakaan kerja atau pekerja yang sakit. Bukan hanya produktif, secara kualitas pekerjaan yang dihasilkan para pekerja juga akan cenderung stabil dan mengarah ke peningkatan yang baik.

Adanya pelatihan K3 juga mampu meningkatkan lingkungan kerja yang aman dan memenuhi kewajiban hukum. Untuk itulah, para pekerja atau perusahaan perlu ikut pelatihan yang berkualitas dan terpercaya dari PT Formasi Bisnis Indonesia.

Mereka menyediakan materi ahli K3 umum BNSP yang telah bersertifikasi, sehingga para peserta pelatihan jadi lebih profesional dan kompeten dalam melaksanakan program-program K3 di tempat kerja. Langsung saja kunjungi lamannya di formasibisnis.com untuk mengetahui informasi yang lebih jelas. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tim Radarblitar.com

Menyuguhkan berita faktual, aktual, dan bermanfaat | Literasi untuk aksi | Kontak Kerjasama Sponsored Post : inspiratipsmedia@gmail.com

Tinggalkan Balasan