melatih anak makan sendiri

Radarblitar.com – Ketika si kecil sudah dapat memegang sebuah barang, Bunda juga boleh mengajarinya untuk mulai makan sendiri. Di usia satu tahun, anak sudah bisa untuk dilatih menyuapkan makanan sendiri. Lakukan secara bertahap untuk melatih anak makan sendiri.

Akan tetatpi, Bunda harus tetap mendampingi mereka untuk membantu memotong-motong lauk agar pas dengan ukuran mulutnya dan membuat anak tidak akan tersedak. Berlanjut di usia dua tahun, anak sudah bisa belajar makan sendiri menggunakan sendok atau garpu.

Berikut merupakan beberapa tips melatih anak makan sendiri yang dapat Bunda terapkan untuk si kecil. Yuk langsung disimak!

5 Tips Melatih Anak agar dapat Belajar Makan Sendiri

Ajari anak makan menggunakan tangan

Bunda dapat memberikan si kecil makanan yang mudah untuk digenggam, seperti biskuit atau buah-buahan. Untuk buah-buahan, Bunda harus terlebih dulu memotongnya lalu arahkan buah yang ada di genggamannya ke mulut.

Saat anak sudah lebih besar, ajarkan mereka untuk makan dengan menggunakan sendok dan garpu. Latih juga mereka untuk memotong makanannya sendiri. Jangan lupa untuk selalu dampingi si kecil ya, Bunda!

Pilihlah makanan yang mudah dicerna

Melatih anak makan sendiri bisa dimulai dengan makanan yang mudah dicerna oleh si kecil. Bunda bisa menyiapkan potongan buah seperti mangga dan pisang. Atau, sayuran lunak yang telah dimasak seperti wortel. Bisa juga dengan membuat puree buah atau sayur.

Berikan makanan favorit anak

Selain mudah dicerna, Bunda juga bisa menerapkan tips dengan memberikan makanan favorit anak. Dengan begitu, anak akan lebih bersemangat untuk mencoba memakan makanannya sendiri.

Tata dengan sedemikian rupa makanan favoritnya dengan bentuk yang unik dan menarik agar anak semakin antusias untuk memakannya.

Mengajak anak makan bersama

Salah satu cara melatih anak makan sendiri ialah dengan mengajaknya makan bersama keluarga. Kegiatan ini akan memberikan motivasi dan perhatian lebih pada si kecil.

Anak akan mengulang dan meniru cara makan Bunda atau orang di sekitarnya ketika sedang makan bersama. Namun, tetap perhatikan apa yang dilakukan oleh mereka ya, Bunda! Pujilah anak saat mereka berhasil melakukan suapan pertamanya agar lebih termotivasi dan percaya diri.

Pakaikan slabber

Ketika sedang belajar makan sendiri, sudah tentu anak akan membuat makanannya berantakan kemana-mana. Bunda bisa memakaikan slabber di lehernya agar pakaian si kecil bebas dari noda makanan.

Atau lebih praktisnya, Bunda bisa memberi tatakan di kursi makan atau di meja makannya supaya sisa makanan yang berantakan lebih mudah untuk dibersihkan.

Nah, demikianlah beberapa tips melatih anak makan sendiri sebagai salah satu langkah mendidik anak agar mandiri yang dapat Bunda terapkan kepada si kecil yang sudah mulai beranjak besar. Semoga menambah wawasan dan memberikan manfaat untuk Bunda, ya!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *