Lembah Baliem

Radar BlitarTanah Mutiara Hitam adalah julukan untuk pulau yang terletak di ujung paling timur Indonesia, yaitu Pulau Papua. Provinsi satu ini memiliki keindahan alam, baik di darat atau pun bawah lautnya yang tak akan habis Anda telusuri.

Bagi para pecinta alam, wisata yang ada di Papua jelas bagaikan surga dunia. Tak hanya memiliki alam yang kaya, Papua juga menyimpan berbagai kearifan budaya lokal yang masih bertahan sampai sekarang.

Anda ingin tahu mana saja tempat wisata yang harus didatangi? Berikut rangkuman beberapa tempat wisata di Papua yang wajib dikunjungi, apalagi untuk para pecinta alam yang haus akan keindahan hayati. Yuk langsung disimak!

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman nasional ini menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Diresmikan pada tahun 1993, terdapat 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang dapat Anda lihat ketika menyelam di bawah laut.

Secara administratif, tempat wisata ini berada di dua kabupaten, yaitu Wondama dan Nabire. Taman Nasional Teluk Cenderawasih juga menjadi pusat penelitian hiu paus yang dilakukan oleh kerja sama antara pemerintah dan LSM dalam dan luar negeri.

Raja Ampat

Salah satu tempat wisata di Papua ini sering disebut-sebut sebagai Maladewa-nya Indonesia. Sebab, kawasan Raja Ampat terdiri dari gugusan empat pulau besar yakni Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Menurut The Nature Conservancy, ditemukan sebanyak 75% spesies laut dunia di perairan Raja Ampat. Menakjubkan, bukan? Waktu terbaik untuk menyelam di sana adalah pada bulan Oktober dan November. Karena, cuacanya sedang bagus dan air yang jernih membuat jarak pandang ketika menyelam sangat ideal.

Danau Sentani

Merupakan danau terbesar di Papua dengan luas 9.360 hektar. Jarak dari pusat Kota Jayapura sekitar 50 km. Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di sana.

Seperti berenang, memancing, wisata kuliner di sekitar danau, hingga menyewa perahu untuk berkeliling danau. Acara tahunan yang biasa diselenggarakan di danau tersebut pada pertengahan bulan Juni adalah Festival Danau Sentani.

Lembah Baliem

Terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya, Lembah Baliem menjadi tempat tinggal suku Dani, Yali, dan Lani. Anda bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan suku asli yang masih memakai pakaian tradisional seperti koteka dan rok rumbai.

Setiap bulan Agustus, diadakan acara tahunan yaitu Festival Lembah Baliem yang menarik banyak wisatawan. Festival ini merupakan cara pemerintah agar tidak ada lagi perang antar suku, sehingga perang tersebut diubah menjadi pertunjukan seni dan budaya yang akan membuat wisatawan tertarik untuk melihatnya.

Nah, demikianlah beberapa tempat wisata di Papua yang wajib dikunjungi khususnya bagi Anda yang seorang pecinta alam. Bagi warga Jatim, Anda juga bisa mengunjungi wisata seru di malang. Semoga bermanfaat!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *