Radar Blitar – Penyebab perut buncit salah satunya adalah lemak perut atau nama lainnya lemak visceral. Perut buncit sering menjadi problem bagi orang-orang karena membuat mereka kurang percaya diri dan tidak nyaman. Berikut ini merupakan cara yang dianggap ampuh untuk mengatasi perut buncit. 

Tips Ampuh Mengecilkan Perut dalam Waktu Singkat

Nah sobat, bagi Anda yang ingin segera mendapatkan hasil maksimal sebagai upaya mengecilkan perut, pastikan Anda mengikuti trik dan tips berikut ini ya! 

Rutin Berolahraga

Orang yang malas berolahraga mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menumpuk lemak visceral. Oleh karena itu, olahraga perlu dilakukan agar memiliki perut yang rata. Olahraga selama 30 menit sehari secara rutin sudah bisa membantu untuk mengecilkan perut buncit. Anda bisa melakukan olahraga intensitas sedang, seperti: 

  • Berjalan 
  • Jogging, dan 
  • Sit-Up 

Apabila dilakukan secara rutin, olahraga tersebut dapat meningkatkan denyut jantung, menjaga berat badan ideal, dan membakar lemak tubuh. 

Makan Makanan Beprotein dan Berserat

Memperbanyak konsumsi makanan berprotein dan berserat juga dapat membantu Anda untuk mengecilkan perut. Makanan berserat membantu untuk menghasilkan perasaan yang kenyang lebih lama, alhasil Anda dapat membatasi jumlah makanan yang masuk ke perut. Selain itu, serat juga membantu sistem pencernaan yang membuat perut terlihat lebih ramping.

Sedangkan, makanan yang mengandung protein dapat membantu memperbaiki jaringan otot dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut sudah terbukti melalui penelitian dari Nutrition and Metabolism. Dalam penelitian, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein seperti susu, telur, dan daging memiliki kadar lemak yang lebih rendah dari orang yang tidak mengonsumsi. 

Membatasi Karbohidrat Olahan

Selain meningkat konsumsi protein dan serat, Anda juga perlu mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung zat olahan karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi yang diperlukan oleh tubuh, namun tak semua karbohidrat baik dicerna oleh tubuh. Contohnya seperti gula yang dikonsumsi berlebihan, maka dapat meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh. 

Daripada mengonsumsi karbohidrat olahan, Anda bisa mulai mengganti dengan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. 

Latihan Ketahanan

Resistance Training atau Latihan Ketahanan merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit. Jenis olahraga ini populer di kalangan masyarakat dan dipercaya dapat mengurangi kalori, namun tak ingin kehilangan massa otot. Karena, massa otot juga dapat membantu tubuh membakar banyak kalori meskipun sedang tidak beraktivitas. Berikut merupakan beberapa jenis latihan ketahanan. 

  • Squat 
  • Angkat beban, dan 
  • Lunges 

Memenuhi Kebutuhan Cairan

Apabila Anda terbangun dalam keadaan perut membesar, kemungkinan malam hari sebelumnya Anda makan terlalu banyak. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena dengan memperbanyak konsumsi cairan, maka perut ratalah yang akan Anda dapatkan.

Konsumsi cairan seperti smoothies, jus, sup di pagi hari dapat membantu mengecilkan perut dan juga membantu pencernaan agar terhindar dari sembelit. 

Tidur yang Cukup

Bagi yang sering begadang, maka Anda harus mengurangi kegiatan tersebut karena salah satu cara agar perut tak terlihat buncit adalah dengan tidur yang cukup. Sebuah penelitian mengatakan, kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan. Jadi, Anda akan lebih sering merasakan lapar. 

Para peneliti juga berpendapat, dengan meningkatkan kualitas dan durasi tidur dapat menurunkan berat badan. Hal itu berlaku juga untuk menghilangkan lemak visceral yang menumpuk di perut Anda. 

Menambah Asupan Lemak Sehat

Dengan meningkatkan jumlah asupan lemak sehat ke tubuh, Anda sudah melakukan salah satu cara untuk mengecilkan perut buncit. Salah satu lemak sehat adalah lemak tak jenuh tunggal berbentuk cair pada suhu kamar. Beberapa jenisnya adalah: 

  • Minyak zaitun 
  • Buah alpukat 
  • Minyak wijen, dan 
  • Kacang-kacangan. 

Mengunyah Makanan dengan Pelan-Pelan

Makan terlalu cepat dapat membuat otak tidak mendapatkan waktu untuk mengirim sinyal rasa kenyang ke tubuh. Hal itu dapat menyebabkan tubuh mendapatkan asupan kalori yang berlebihan. Berbeda halnya jika Anda mengunyah makanan secara perlahan. Karena hal tersebut bisa membantu mencegah perut kembung dan makanan lebih tercerna dengan baik.

Melakukan Gaya Hidup Sehat

Cara ini merupakan cara paling penting untuk mengecilkan perut buncit. Walaupun tidak berbahaya, perut buncit biasanya juga menjadi pemicu dari masalah kesehatan. Maka dari itu, Anda harus konsisten melakukan gaya hidup yang sehat dan pola makan yang baik, serta berolahraga secara rutin. 

Apabila Anda kesulitan merancang pola makan sehat, Anda bisa berkonsultasi kepada Ahli Gizi untuk mendapatkan menu yang sesuai dengan kondisi kesehatan plus mengatasi perut buncit yang mengganggu. Anda juga bisa melihat beberapa direktori penyakit yang berkaitan dengan kelebihan berat badan untuk mencari tahu solusinya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *