Penulis buku di Blitar
Rozak Al-Maftuhin dengan buku terbarunya

Penulis buku di Blitar – Menulis buku merupakan aktivitas yang tidak biasa, di mana ide, kreativitas, hingga kekuatan literatur bersatu padu: menjadi sebuah buku. Namun, ketika ide sebuah menjadi buku, di sanalah letak kepuasan akan sebuah karya. Bukan begitu? 

Ketika mencari kata kunci ‘penulis buku’ di Blitar, agaknya masih sangat sulit tuk ditelusuri. Berbeda dengan Surabaya, Bandung, Yogyakarta, atau kota besar lainnya yang menjadi sarang bagi penulis-penulis hebat. 

Di Blitar sendiri sebenarnya banyak penulis hebat, kok. Hanya saja, banyak dari mereka yang tidak dikenal khalayak. Salah satu penulis buku di Blitar adalah Rozak Al-Maftuhin.

Eh, sudah kenal atau belum dengan penulis satu ini? Jika belum, yukk kita berkenalan dengan sang penulis. 

Rozak Al-Maftuhin Sang Penulis Buku di Blitar

Sobat pecinta buku, Rozak Al-Maftuhin merupakan salah satu penulis buku di Blitar dengan genre novel dan motivasi. Memulai debutnya menerbitkan buku pada tahun 2018, hingga saat ini ia rutin menulis buku setiap tahunnya. 

Bacaan Penting: Bengkel Motor Paling Murah di Blitar? Cak Nur Kholis Saja

Tercatat sudah karya yang sudah ditorehkannya. Penasaran buku apa saja yang sudah ditulis penulis buku di Blitar satu ini? 

  • Novel | Bintang di Bukit Cadas. Diterbitkan oleh Pustaka Media Guru tahun 2018 
  • Cerpen | Ahhaaa, Aku Tahu! Sebuah Cerpen Sains. Diterbitkan oleh Majas tahun 2019
  • Motivasi | Sungguh! Bahagia itu Sederhana. Diterbitkan oleh Kanzun Book 2021 
  • Motivasi | Jangan Menyerah, Ada Allah. Diterbitkan oleh Kanzun Book tahun 2021 

Selain menulis buku, Rozak Al-Maftuhin juga hobi menulis artikel ringan, review, dan opini di blog pribadinya dan Web UGC seperti Qureta, Kompasiana, dan sebagainya. Oh ya, bagi Anda yang penasaran seperti apa sih tulisannya, silahkan klik > Kisah Menggugah Jiwa oleh Rozak Al-Maftuhin.

“Menulis adalah jalan ninjaku” katanya 

Manfaat Menulis Buku

Lebih jauh, tak ketinggalan Rozak Al-Maftuhin yang merupakan penulis buku di Blitar ini memberikan pandangan, bahwa banyak sekali manfaat yang akan didapatkan seseorang yang berkarya lewat tulisan. Apa saja? 

Mengukir Sejarahnya Sendiri
Tidak selamanya orang hidup, maka menulislah! Dengan menulis, usia kita tidak akan lebih panjang, tetapi nama kita akan dikenal abadi; melalui buku yang sudah kita tinggalkan semasa hidup. Kalau kata Pramoedya Ananta, menulis itu bekerja untuk keabadian. 

Sumber Pendapatan yang Prestisius
Percaya atau tidak, selain hobi, menulis bisa menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan lho. Begitulah kata penulis di Blitar satu ini. Menurut Rozak Al-Maftuhin, tulisan itu bukan hanya bernilai seni, tetapi sangat bernilai ketika dikonversi ke rupiah. 

“Saat ini, saya tidak memiliki pekerjaan lain selain menulis, menulis, dan menulis. Menulis apa? Apa saja, pokoknya bermanfaat.” kata Rozak. “Paling tidak, saya rutin menulis artikel ringan, kemudian saya publikasi ke blog pribadi. Eh dari situ menjadi rupiah yang nilainya cukup menjanjikan.” imbuhnya.  

Buku untuk Naik Pangkat?
Bagi beberapa profesi, buku sangat penting untuk mempermudah langkahnya naik pangkat. Salah satunya, bagi guru yang berstatus ASN/PNS. Buku bisa menjadi penyumbang angka kredit poin yang sangat besar untuk kenaikan pangkat atau golongan. Nilainya, bisa disejajarkan dengan karya tulis lain, sebut saja seperti PTK, PTS, Jurnal, dan sejenisnya.

Mengadakan Workshop Penulisan Buku

Selain menjadi penulis buku di Blitar dan blogger profesional, Rozak Al-Maftuhin juga pernah memberikan seminar dan pelatihan menulis di beberapa tempat. SMP Muhammadiyah 1 Kota Blitar salah satunya. 

Bacaan Penting: Cardigan Untuk Wanita dengan Style Korea yang Kekinian

Dalam pelatihan itu, Rozak menantang sepuluh siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Blitar menulis buku (cerpen) dalam waktu 2 minggu. Tentunya, tantangan itu tidak dibiarkan begitu saja. Penulis buku di Blitar ini pun memberikan pendampingan secara intensif sehingga karya siswa-siswi itu siap diterbitkan menjadi buku. Alhasil, dalam waktu dua minggu, naskah karya siswa siap diterbitkan.

Selain mengadakan pelatihan di tempat, ia juga menggelar pelatihan menulis artikel secara daring/online. Melalui Inspiratips Media, Rozak melakukan mentoring kepada member yang mengikuti pelatihan agar bisa menulis artikel dengan baik, dengan orientasi hobi maupun maupun sumber penghasilan. 

Kabar baiknya, Rozak Al-Maftuhin sebagai penulis buku di Blitar ini membuka kelas ‘Ngeblog’ yang bisa diikuti oleh semua orang. Baik secara langsung, maupun daring/online. Dalam kelas Ngeblog itu, selain memuat materi menjadikan Blog sebagai ladang penghasilan yang menjanjikan, pun terdapat materi kepenulisan tentunya. 

Bagi Anda yang tertarik, coba deh gabung di < Kelas Menulis Inspiratips > | Di kelas menulis itu, Anda akan mendapatkan materi yang sangat mendalam serta aplikatif seputar Blog dan kepenulisan. Selain itu, Anda juga mengundangnya sebagai pemateri dalam seminar atau Workshop.

Demikianlah ulasan Radarblitar.com tentang penulis buku di Blitar. Semoga kelak akan lahir penulis-penulis baru yang hebat.

Salam literasi!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *