Penting! Inilah 10 Cara Aman Menggunakan Microwave

Cara Aman Menggunakan Microwave
Source: Unsplash.com

Salah satu produk elektronik yang penting dan pantas dimiliki di rumah tiap keluarga adalah microwave. Cara kerja microwave yang singkat tanpa perlu membutuhkan waktu lama apabila dibandingkan dengan memasak secara tradisional. Ditambah lagi dengan kebersihan yang terjamin di lingkungan dapur menjadikan microwave pantas digunakan untuk memasak keluarga di rumah. 

Bagi Anda yang pertama kali menggunakan microwave ataupun sudah pernah menggunakan microwave, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Diperlukan pengetahuan tentang cara pakai dan menggunakan alat dapur satu ini. Penting bagi Anda mengetahui cara menggunakan microwave untuk keamanan dan keselamatan diri Anda saat memasak. 

Nah berikut ini ada beberapa cara aman menggunakan microwave supaya Anda aman dan nyaman saat memasak. 

  1. Menggunakan wadah yang aman
    Anda harus memastikan wadah yang aman untuk makanan saat Anda memasukkan ke microwave. Wadah untuk makanan tersebut harus khusus untuk microwave, karena harus tahan panas.


    Anda tidak boleh menggunakan wadah yang terbuat dari logam karena bisa berakibat fatal. Bahan logam bisa memicu munculnya percikan api. Anda juga tidak boleh menggunakan wadah dari bahan plastik karena bisa meleleh saat terkena panas.


  2. Penutup makanan terdapat lubang udara
    Sebelum memasak makanan di microwave, Anda harus memberikan lubang pada bagian penutup untuk ventilasi. Fungsi lubang tersebut untuk menghindari dari adanya letupan panas saat akan membuka tutup makanan setelah makanan matang.

  3. Mengaduk makanan ketika dimasak
    Anda disarankan mengaduk makanan selama dimasak menggunakan microwave. Waktu yang pas saat mengaduk yaitu separuh dari waktu memasak yang disarankan. Mengaduk makanan untuk mencegah resiko makanan tidak matang sempurna karena adanya area beku.

  4. Membiarkan makanan sejenak
    Setelah makanan matang, penting bagi Anda untuk membiarkan makanan sejenak dalam beberapa menit setelah proses memasak berhenti dan terdengar bunyi bep. Membiarkan makanan sejenak beberapa menit karena suhu panas yang masih menempel pada makanan sekalipun microwave telah berhenti bekerja. Apabila Anda tidak berhati-hati, tangan Anda bisa melepuh.

  5. Anda harus berhati-hati saat memindahkan makanan dari microwave
    Penting bagi Anda untuk menggunakan sarung tangan oven saat memindahkan makanan dari microwave. Makanan yang selesai dimasak kadangkala wadahnya terasa dingin. Akan tetapi seringkali makanan yang ada di dalamnya masih panas. Anda harus berhati-hati dan tidak langsung memakannya karena masih panas.

  6. Anda tidak boleh meninggalkan microwave saat memasak pop corn
    Pop corn merupakan makanan yang sangat mudah dimasak menggunakan microwave. Memasak pop corn hanya memerlukan waktu yang sangat singkat. Jadi, Anda jangan meninggalkan microwave ketika sedang memasak popn corn karena bisa menyebabkan pop corn gosong dan terbakar.

  7. Anda tidak boleh mengoperasikan microwave saat kosong
    Anda tidak diperbolehkan memencet tombol start ketika microwave dalam kondisi kosong. Hal ini karena gelombang mikro pada microwave akan melambung dan menabrak dinding interiornya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kebakaran pada microwave.

  8. Membersihkan microwave secara rutin dan teratur
    Menjaga kebersihan microwave dapat mencegah munculnya bakteri. Selain itu pula dapat menghilangkan kemungkinan timbulnya percikan api. Anda harus memastikan microwave dalam kondisi mati ketika sedang membersihkannya.

  9. Anda tidak boleh menggunakan microwave ketika pintu microwave rusak
    Apabila pintu microwave rusak dan tidak bisa ditutup rapat dan sempurna, janganlah Anda gunakan. Microwave harus tertutup rapat dan terkunci saat dipakai untuk memasak makanan.

  10. Jangan memperbaiki sendiri microwave yang rusak
    Apabila microwave rusak, jangan memperbaiki sendiri. Hal itu bisa membahayakan diri Anda. Periksakan kondisi microwave kepada profesional dan cek garansi ketika Anda membelinya.

Nah sobat, demikianlah 10 cara aman menggunakan microwave. Semoga bermanfaat ya!

Template Blogger Terbaik Rekomendasi