Inilah Bedanya Pecel Blitar dari Pecel Daerah Lain


 

Pecel memanglah jadi santapan khas di Blitar, tetapi tampaknya di wilayah lain pula memiliki pecel, misalnya pecel Madiun, pecel Ponorogo, ataupun pecel tumpang Kediri. Lalu apa yang membedakannya?

Pecel memanglah santapan yang telah diwariskan turun temurun di Blitar. Sebagian yang jadi karakteristik khasnya antara lain:

1. Sambelnya yang pedas manis
Sehabis dicoba studi, nyatanya sambel pecel khas Blitar itu memiliki rasa manis, bercampur pedas. Perihal ini sebab diolah dengan kombinasi gula merah, bukan gula putih. Mengerti kah kalian bila gula merah pula berasal dari Blitar?

Jadi bila pecel dikira santapan khas Blitar sebab sambelnya, hingga itu tidak salah. Karena sambel pecel biasanya memanglah memiliki rasa manis gula merah ataupun gula jawa. Umumnya pula bercampur daun jeruk, kencur, serta asam jawa.

2. Kulupan kembang turi serta kemangi
Sesungguhnya inilah yang jadi sangat khas dari pecel Blitar, ialah terdapat kulupan( sayur- mayur) kembang turi. Dahulu kembang turi berkembang dimana- mana, saat ini bisa jadi telah menurun. Pecel Blitar pada masanya sangat populer sebab kulupan turinya. Sayang saat ini telah tidak sering ditemui, sebab sulitnya mencari kembang turi.

Tidak hanya itu daun kemangi pula jadi karakteristik khas pecel Blitar. Daun kemangi belum lama pula jadi aksesoris lalapan, tetapi semenjak lama daun kemangi pula jadi bagian dari pecel Blitar, yang tidak hendak ditemui pada pecel wilayah yang lain.

3. Kecambah serta Sawi
Kecambah memanglah nyaris senantiasa terdapat pada pecel, tetapi spesial Blitar umumnya terdapat sayur sawinya. Pecel wilayah lain biasanya mengombinasikan kecambah dengan daun singkong, ataupun cuma kecambah saja.

Terdapatnya sayur sawi dalam pecel menunjukkan karakteristik khas pecel Blitar yang sangat bermacam- macam.

4. Rempeyek kacang
Saat ini bisa jadi rempeyek kacang telah biasa jadi lauk kala makan pecel. Tetapi rempeyek kacang sesungguhnya merupakan karakteristik khas pecel Blitar. Pecel lain, semacam pecel tumpang Kediri, lauknya bukan rempeyek, tetapi gorengan semacam bakwan serta kadangkala telur dadar.

Pecel serta rempeyek kacang merupakan campuran khas pecel Blitar. Orang Blitar hendak menyebut pecel tersebut tidak komplit bila tanpa rempeyek kacang. Walaupun saat ini rempeyek telah banyak macamnya, semacam rempeyek udang, kedelai, serta teri.

Nah, selaku orang Blitar, sudahkah kalian mengenali beda antara pecel Blitar dari pecel wilayah yang lain?

Template Blogger Terbaik Rekomendasi