plat nomor

Radar Blitar – Kendaraan Anda sudah memiliki plat nomor? Plat nomor yang ada di kendaraan bermotor merupakan identitas resmi yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Pembuatan plat kendaraan ini bisa di-request sesuai dengan keinginan Anda. Pihak kepolisian juga mengizinkan untuk membuat plat nomor cantik, akan tetapi tentu ada persyaratan berbeda.

Sudah bukan hal yang baru lagi menggunakan plat nomor cantik di mobil atau motor Anda. Normalnya, plat nomor tersusun dari kombinasi empat angka, serta tambahan huruf di depan dan awal sebagai identifikasi wilayah. Huruf tersebut menyatakan kode wilayah domisili atau asal kendaraan.

Pemerintah sudah melegalkan pemasangan plat kendaraan seperti itu. Jadi, Anda tidak perlu melakukan kucing-kucingan dengan Polantas karena memakai plat nomor cantik.

Jika Anda ingin memesan kombinasi huruf belakang dan angka sesuai keinginan, Anda bisa memesannya ke SAMSAT. Bisa langsung mendatangi kantor Samsat atau diurus secara online melalui ROPILNAS (Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional). Dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai syarat, yaitu:

  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor),
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan
  • Bukti pembelian kendaraan dari dealer.

Persyaratan Membuat Plat Nomor Cantik di SAMSAT

Sebelum memilih NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor), Anda perlu mendaftar terlebih dahulu dengan membawa dokumen persyaratan yang telah disebutkan. Anda bisa mencoba langsung datang ke Samsat dan direktorat yang menanganinya untuk melakukan pengajuan nomor plat cantik.

Isi formulir permohonan penggantian plat kendaraan, termasuk nomor pilihanĀ  yang Anda inginkan. Kemudian, serahkan formulir kepada petugas dan akan dilakukan pemeriksaan berkas serta ketersediaan plat nomor cantik yang Anda minta.

Petugas akan memberitahu Anda apakah nomor cantik yang diminta masih ada atau telah digunakan oleh orang lain. Boleh mengganti dengan nomor lain apabila nomor sebelumnya sudah tidak tersedia. Setelahnya, Anda akan diarahkan ke loket untuk membayar biaya pembuatan plat kendaraan cantik tersebut.

Pendaftaran via SAMSAT Online

Anda juga bisa mendaftar secara online untuk pembuat plat nomor pilihan. Datang ke kantor pelayanan BPKB (untuk mobil lama), lalu gunakan alat atau kios ROPILNAS yang tersedia. Anda akan diminta memilih nomor polisi yang diinginkan sesuai dengan domisili KTP.

Jika nomor pilihan yang diinginkan masih tersedia, Anda bisa langsung mengisi formulir elektronik pada alat ROPILNAS seperti formulir biasa yang dijelaskan sebelumnya. Isi data diri, seperti NIK, nomor handphone, dan alamat email. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode barcode booking nomor polisi dan nomor virtual account yang digunakan untuk membayar biaya pembuatan melalui bank yang ditunjuk.

Biaya Membuat Plat Nomor Cantik di SAMSAT, Seberapa Mahal?

NRKB pilihan memiliki tarif masing-masing. Mulai dari memakai satu angka atau tetap menggunakan empat angka yang Anda pilih sendiri. Tarif yang dikeluarkan jelas mahal, bahkan sampai jutaan rupiah. Sebab, pengaturan tarif tersebut memang ditujukan kepada masyarakat ekonomi kelas atas.

NRKB pilihan untuk satu angka

  • Tidak tersemat huruf di belakang angka, seharga Rp 20.000.000
  • Ada huruf di belakang angka, seharga Rp 15.000.000

NRKB pilihan untuk dua angka

  • Tidak ada huruf di belakang angka, seharga Rp 15.000,000
  • Ada huruf di belakang angka, seharga Rp 10.000.000

NRKB pilihan untuk tiga angka

  • Tidak ada huruf di belakang angka, seharga Rp 10.000.000
  • Ada huruf di belakang angka, seharga Rp 7.500.000

NRKB pilihan untuk empat angka

  • Tidak ada huruf di belakang angka Rp 7.500.000
  • Ada huruf di belakang angka Rp 5.000.000

Nah sahabat, demikianlah informasi mengenai prosedur pengurusan plat nomor cantik yang bisa Anda coba. Sebaiknya, opsi ini disesuaikan berdasarkan kebutuhan serta kondisi keuangan pribadi. Semoga bermanfaat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *